kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertemu Menlu Retno, Pompeo dukung Indonesia lawan klaim China di Laut China Selatan


Kamis, 29 Oktober 2020 / 12:13 WIB
Bertemu Menlu Retno, Pompeo dukung Indonesia lawan klaim China di Laut China Selatan
ILUSTRASI. Menlu AS Mike Pompeo. Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix/via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amerika Serikat (AS) menolak klaim pemerintah China atas Laut China Selatan. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam konferensi pers bersama Menlu RI Retno Marsudi, Kamis (29/10). 

“Negara kami yang taat hukum menolak klaim tak berdasarkan hukum Partai Komunis China atas Laut China Selatan,” kata Pompeo dalam konferensi pers secara virtual. 

Menurut Pompeo, Indonesia telah menunjukkan keberanian mengenai isu tersebut di Asia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia menambahkan bahwa pihaknya mendukung Indonesia dalam isu tersebut. “Itu adalah isu yang patut diperjuangkan dalam pengaturan multilateral dan pemerintahan Trump saat mendukung ini,” ucapnya. 

Baca Juga: Pompeo: AS akan temukan cara baru kerjasama dengan Indonesia di Laut China Selatan

Selama di Indonesia Pompeo juga mencontohkan perjuangan Indonesia menjaga kedaulatan maritimnya di Laut Natuna Utara. Amerika Serikat pun menantikan kerja sama dengan Indonesia dalam hal memastikan keamanan salah satu jalur perdagangan tersibuk itu. 

Adapun kedatangan Pompeo ke Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi. 

"Selain melakukan pertemuan bilateral dengan saya, Menlu Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Anshor mengenai dialog agama dan peradaban," kata Retno melalui telekonferensi, Kamis (22/10). 

Selain bertemu dengan Retno, Pompeo dalam akun Twitter-nya menyatakan juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bertemu Menlu Retno, Menlu AS: Amerika Tolak Klaim China atas Laut China Selatan"

Selanjutnya: Sri Mulyani: Perekonomian kuartal III-2020 menunjukan pemulihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×