kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berstatus PKPU CMNC kesulitan bayar tagihan pajak


Kamis, 30 Maret 2017 / 15:35 WIB
Berstatus PKPU CMNC kesulitan bayar tagihan pajak


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk (CMNC) yang saat ini berstatus penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengaku berat melunasi tagihan pajak.

Adapun tagihan pajak perusahaan berkode saham CMNC pajak per Desember 2015 tercatat mencapai Rp 64 miliar. Namun nilai itu berpeluang meroket menjadi Rp 125 miliar. Sebab, perusahaan penyedia jasa travel itu belum mengikuti program tax amnesty.

"Batas akhir kan 1 April 2017, kalau kami ikut maka tagihan pajak justru mengecil Rp 51 miiliar karena dapat kompensasi. Tapi kalau tidak, maka tagihan pajak akan membengkak karena ada denda dan fenalty," ungkap kuasa hukum CMNC Putu Bravo kepada KONTAN, Kamis (30/3).

Kendati begitu, pihaknya menyampaikan hal itu masih terus dibahas di internal perusahaan. Alasan belum bisa dibayarnya tagihan pajak itu dikarenakan, perusahaan berkode saham CMNC saat ini sedang mengalami kesulitan keuangan.

Apalagi, nilai tagihan pajak perusahaan sudah terbilang besar sejak kepengurusan Adianto Setiabudi. Pasalnya, pelaporan pajak saat itu berbeda dengan prospektus perusahaan.

Sehingga saat ini Ditjen Pajak menagih baik pajak yang dilaporkan dan selisih yang timbul. Sekadar tahu saja, sebelumnya CMNC juga pernah mengajukan keberatan atas tagihan pajak ke Pengadilan Pajak, tapi sayangnya keberatan itu ditolak. "Jadi mau tidak mau kami harus bayar pajak tersebut," tambah Putu.

Perusahaan juga sudah berusaha untuk membayar pajak dengan lelang aset berupa tanah di Kabupaten Banjar. Kalimantan Timur. Tapi lelang tersebut gagal karena sepi peminat.

Adapun nilai limit lelang itu sekitar Rp 45 miliar. "Jadi kalau itu laku setidaknya kami hanya menambah Rp 6 miliar untuk melunasi tagihan pajak," lanjutnya.

Adapun saat ini proses PKPU CMNC masih terus berjalan. Kabar terbaru, masa PKPU perusahaan kembali diperpanjang 30 hari untuk kembali membahas proposal perdamaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×