kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS995.000 -1,19%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Begini prosedur orang tanpa gejala Covid-19 bisa isolasi mandiri di Wisma Atlet


Kamis, 24 September 2020 / 23:50 WIB
Begini prosedur orang tanpa gejala Covid-19 bisa isolasi mandiri di Wisma Atlet

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak 13 September lalu, pemerintah menyediakan flat isolasi mandiri bagi pasien virus corona baru berstatus orang tanpa gejala atawa OTG di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kepala Kesehatan Kodam Jaya Kolonel CKM dr. Stefanus Dony mengatakan, ada dua tower di Wisma Atlet Kemayoran yang menjadi flat isolasi mandiri untuk orang tanpa gejala alias OTG. Yakni, tower 4 dan tower 5.

Tapi, belum genap dua pekan sejak buka, flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kamayoran untuk OTG sudah terisi 2.108 pasien atau 67% dari total kapasitas mencapai 3.116 tempat tidur.

"Kapasitas flat isolasi mandiri untuk OTG masih aman, masih sekitar 1.000 tempat tidur. Satu kamar berisi dua tempat tidur," kata Dony dalam dalam talkshow secara daring di Media Centre Satgas Covid-19, Kamis (24/9).

Baca Juga: Belum genap 2 pekan, flat isolasi mandiri Wisma Atlet untuk OTG terisi 67%

Wisma Atlet Kemayoran telah berfungsi sebagai Rumahsakit Darurat Covid-19 sejak 23 Maret 2020. Menurut Dony, ada dua tower untuk merawat pasien virus corona dengan gejala ringan dan sedang. 

Prosedur isolasi mandiri 

Lalu, bagaimana prosedur untuk bisa menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran?

Dony menyatakan, OTG tidak bisa ujug-ujug datang ke flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran, meski sudah mengantongi hasil polymerase chain reaction (PCR) test yang menunjukkan positif Covid-19.

Pertama-tama, OTG harus melapor lebih dulu ke Puskesmas terdekat dengan tempat tinggalnya untuk mendapatkan surat rujukan. "Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk rujukan ke Wisma Atlet Kemayoran," ujar Dony.  

Baca Juga: Dari total kasus aktif virus corona di Jakarta, 50% adalah orang tanpa gejala

Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI sudah membangun sistem integrasi secara online mulai dari tingkat Puskesmas untuk memudahkan dalam mendata pasien yang akan melakukan isolasi mandiri di Wisma Atlet.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×