kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,46   -4,42   -0.49%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM -0.22%
  • RD.CAMPURAN -0.08%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Begini cara Sri Mulyani semangati wisudawan online


Minggu, 22 November 2020 / 08:32 WIB
Begini cara Sri Mulyani semangati wisudawan online
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenang masa-masa wisudanya pada program sarjana dan doktor yang dianggap tak sempurna. 

Pengalaman wanita yang akrab disapa Ani ini hampir sama dengan wisuda saat masa pandemi Covid-19, yakni membuat banyak wisudawan kecewa karena harus wisuda secara online. 

Padahal, momen wisuda menjadi puncak bahagia bagi mahasiswa dan orang tua maupun keseluruhan keluarga. 

"Akibat pandemi Covid-19, semua sekolah dan perguruan tinggi harus melakukan upacara wisuda secara daring. Momen wisuda menjadi kurang sempurna akibat Covid-19," sebut Sri Mulyani dikutip dalam akun Instagram-nya Minggu (22/11). 

 

 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun berbagi pengalamannya saat masa wisuda. Pada Agustus 1986 silam saat dia wisuda Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, orang tuanya tidak dapat hadir. 

Tentu ada perasaan kecewa mengingat momen wisuda merupakan momen yang ditunggu-tunggu. 

"Orang tua saya tidak dapat hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Tentu membuat kebahagiaan wisuda menjadi tidak sempurna. Meski saya beruntung dapat berfoto bersama Menteri Pendidikan Fuad Hasan waktu itu," kenang Ani. 

Baca Juga: Jokowi hadiri KTT G20 secara virtual

Kemudian saat menyelesaikan program doktoral di University of Illinois, Urbana Champaign Amerika Serikat, orang tua sang bendahara negara pun kembali tak hadir. Sebab, ada keterbatasan biaya untuk menghadiri wisuda Ani. 

Beruntung, suami dan anaknya bisa hadir dalam wisuda waktu itu. Ani kemudian mengungkap, hidup memang tak selalu berjalan mulus. Banyak dari kita tidak mendapat apa yang kita inginkan. 

"Namun kita selalu punya pilihan. Mau larut kecewa dan terus tidak mampu bersyukur. Atau tetap positif dan bersyukur, dan terus menjalankan hidup dengan ikhlas dan sabar," pungkas Sri Mulyani. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Semangati Wisudawan Online, Sri Mulyani: Kita Selalu Punya Pilihan... ".

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Managing Procurement Economies of Scale Batch 5 MENAGIH UTANG ITU MUDAH

[X]
×