kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru dilantik, Budi Gunadi Sadikin langsung pimpin rapat persiapan vaksinasi


Rabu, 23 Desember 2020 / 22:22 WIB
Baru dilantik, Budi Gunadi Sadikin langsung pimpin rapat persiapan vaksinasi
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020).


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan pada Rabu pagi (23/12), Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono langsung berkeliling Kantor Kementerian Kesehatan di Kuningan, Jakarta Selatan. 

Usai berkeliling, keduanya langsung memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan. 

Budi mengatakan, sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. "Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi Covid-19," ujar Budi dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan, Rabu (23/12). 

Baca Juga: Ditunjuk jadi Menteri Perdagangan, begini cerita Muhammad Lutfi

Meski akan dilakukan dalam waktu dekat, Budi menekankan bahwa rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian serta persiapan matang. 

Menurut dia, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama, di antaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi. "Saya ingin memastikan semua alatnya siap," kata dia. 

Untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, Budi mendorong pemerintah pusat menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah. 

Sehingga, dalam waktu dekat pihaknya bersama Wakil Menteri Kesehatan siap untuk membahas lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi Puskesmas, asosiasi RS Swasta maupun klinik. 

Baca Juga: Ini alasan Sandiaga mau menjadi menteri Jokowi

"Mungkin besok akan ada rapat dengan semua Asosiasi Puskesmas dan RS. Saya ingin mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi Covid-19," kata Budi. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Dilantik, Budi Gunadi Sadikin Langsung Pimpin Rapat Persiapan Vaksinasi"

Selanjutnya: Ditunjuk jadi Wamenkes, ini dua pesan Jokowi untuk Dante Saksono Harbuwono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×