kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Banyak Masyarakat Takut, Sri Mulyani Minta Pegawai Pajak Ramah dalam Komunikasi


Senin, 27 Maret 2023 / 13:51 WIB
Banyak Masyarakat Takut, Sri Mulyani Minta Pegawai Pajak Ramah dalam Komunikasi
ILUSTRASI. Sri Mulyani meminta pegawai pajak lebih ramah dalam berkomunikasi ke masyarakat untuk genjot penerimaan pajak


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui banyak masyarakat yang takut bahkan mengeluh kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Sehingga perlu adanya perbaikan pada direktorat tersebut.

Menurutnya, salah satu hal yang bisa diperbaiki di Ditjen Pajak adalah terkait komunikasi. Seperti mengimbau agar Account Representative (AR) bisa berkomunikasi dengan ramah kepada wajib pajak yang melakukan konsultasi.

AR sendiri merupakan seseorang yang ditunjuk dan ditetapkan untuk memberikan bimbingan, imbauan, konsultasi, analisis, dan pengawasan terhadap wajib pajak.

“Kami akan minta AR, pejabat fungsional, juru sita frontliner untuk meningkatkan komunikasinya karena banyak masyarakat sebut ketemu orang pajak takut, ketemu AR takut dan pejabat lain juga takut,” tutur Sri Mulyani saat melakukan rapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin (27/3).

Baca Juga: Wajib Pajak Sering Lupa EFIN, Ditjen Pajak Luncurkan Fitur Baru Lewat Layanan M-Pajak

Dia juga mengakui, pihaknya sangat kesulitan dalam memberikan persepsi positif kepada masyarakat terkait pegawai Ditjen Pajak. “Mereka (pegawai pajak) nggak galak saja masyarakat takut. Jadi kendalikan 52 ribu pegawai kita juga sulit,” jelasnya.

Sri Mulyani juga mengatakan, Ditjen Pajak akan terus memperbaiki layanan, seperti validasi NPWP menjadi NIK, dan layanan konsultasi, khususnya terkait pelaporan SPT tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×