kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,15   -10,44   -1.05%
  • EMAS999.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Bansos Kartu Sembako Cair Mulai Senin (3/10), Alokasi Anggarannya Rp 11,2 Triliun


Jumat, 30 September 2022 / 16:06 WIB
Bansos Kartu Sembako Cair Mulai Senin (3/10), Alokasi Anggarannya Rp 11,2 Triliun
ILUSTRASI. Pemerintah akan membagikan bantuan sosial (bansos) berupa kartu sembako dengan anggaran Rp 11,2 triliun mulai Senin (3/10).ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc/17.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan membagikan kartu bantuan sosial (bansos) berupa kartu sembako dengan anggaran Rp 11,2 triliun mulai Senin (3/10) pekan depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata dalam Media Briefing: Update Penyaluran Bansos dan Pembiayaan, Jumat (30/9).

Isa mengatakan, total anggaran yang telah disiapkan untuk kartu sembako di tahun ini adalah sebesar Rp 45,12 triliun. Adapun tujuannya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar.

Baca Juga: Anggaran Perlindungan Sosial Tahun 2023 Capai Rp 479,1 Triliun, Berikut Alokasinya

Untuk diketahui, realisasi penyaluran bansos kartu sembako dari periode Januari hingga September 2022 sudah tersalurkan kepada sekitar 18,7 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nilai sebesar Rp 33,41 triliun. Sementara sisanya untuk bulan Oktober hingga Desember akan mulai disalurkan kembali mulai Senin depan.

"Insyallah mulai besok, tapi mungkin Senin , itu mulai akan didistribusikan . Jadi ini memang setiap tiga bulan. Jadi insyaalah mulai Senin nanti mulai disitribusikan untuk yang periode Oktober, November dan Desember," ujar Isa kepada awak media dalam Media Briefing di kantor Kementerian Keuangan, Jumat (30/9).

Adapun penyaluran setiap bulannya adalah sebesar Rp 200.000 per KPM dengan mekanisme penyaluran melalui bank anggota Himbara. Sementara bagi daerah-daerah yang kesulitan dalam mengakses bank Himbara akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

"Ini umumnya di daerah-daerah Papua, Papua Barat dan juga sebagian Maluku itu yang menggunakan PT Pos," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×