kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badan Kehormatan DPR tutup mulut, tak mau bicarakan sanksi Nazaruddin


Kamis, 07 Juli 2011 / 20:35 WIB
Badan Kehormatan DPR tutup mulut, tak mau bicarakan sanksi Nazaruddin
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo.


Reporter: Dwi Nur Oktaviani | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Ketua Badan Kehormatan (BK), Mohammad Prakoso masih ogah berbicara masalah hasil pemanggilan Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) Janedjri M Gaffar.

Soalnya menurut Prakoso, BK itu terikat dengan kode etik yang tidak memperbolehkan untuk menyampaikan informasi ke publik. Seperti yang kita ketahui, Badan Kehormatan DPR siang ini memanggil Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Janedjri M Gaffar. Pemanggilan itu terkait dengan dugaan suap senilai USD 120 ribu yang dilakukan Muhammad Nazaruddin kepada Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) Janedjri M Gaffar.

“Semua yang ada dalam sidang BK terkait dengan masalah penyelidikan dugaan pelanggaran yang kita kira itu juga tidak bisa disampaikan ke publik. Sifatnya rapat tertutup. Penyelidikan ini sifatnya tertutup. Jadi nanti saya melanggar kode etik kalau saya sampaikan,” ujar Mohammad seusai pertemuan tertutup BK, Kamis (7/7) sore.

Yang pasti, lanjutnya, keterangan Janedjri itu merupakan materi yang sangat penting. Menurut Prakoso bahan yang didapat BK akan dikroscek lagi bukti-bukti kebenarannya. Kemudian barulah, sambungnya, BK akan memutusakan hasilnya dalam rapat pleno. Ketika ditanya sanksi yang akan didapat Nazaruddin di DPR, Prakoso pun masih tutup mulut. “Wong ini namanya persidangan, belum ada keputusan. Jadi begitu prosesnya. Kemudian kita olah lagi baru kita ambil keputusan,” jelasnya.

Menurut Prakoso selain Janedjri, BK memang akan memanggil orang-orang lainnya. Namun, ia pun ogah menyebut siapa yang akan dipanggil selanjutnya. Bahkan ia pun belum mau ngomong ketika ditanya pemanggilan Nazaruddin. “Belum lah,” tutupnya sambil berjalan.

Hal serupa diutarakan Wakil Ketua BK, Nurdiman Munir, yang membenarkan kalau saat ini BK belum memiliki kesimpulan apa pun terkait pemanggilan Janedjri. Ketika ditanya lebih jauh, Nurdiman malah bilang semua yang dilakukan BK adalah rahasia. “Ini kan masih proses satu demi satu. Ya belum ada kesimpulan. Kan sifatnya masih rahasia,” kata Nurdiman.

Pokoknya, sambung anggota Komisi III itu, BK akan membeberkan ke publik kalau datanya sudah final. “Dari data yang kita dapat sedang kita klarifikasikan. Jadi belum bisa kita sampaikan penyelidikan ini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×