kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,62   -4,18   -0.44%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Alutsista Baru, TNI AL Tambah 4 Pesawat dan 1 Helikopter


Jumat, 20 Januari 2023 / 14:13 WIB
Alutsista Baru, TNI AL Tambah 4 Pesawat dan 1 Helikopter
ILUSTRASI. Pesawat udara CN 235-220 MPA di Base Ops Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Sidoarjo.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TNI Angkatan Laut (AL) memiliki alat utama sistem senjata (alutsista) baru dengan adanya penambahan empat unit pesawat dan satu unit helikopter. Alusista baru itu berupa satu pesawat CN 235-220 MPA, tiga pesawat Piper Archer PA-28-181, dan satu helikopter Bell 505 Jet Ranger X (JRX).

Alutsista itu dikukuhkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di Mako Pusat Penerbangan AL (Puspenerbal) Juanda, Surabaya, Kamis (19/1/2023).

“Bagi negara kepulauan besar seperti Indonesia, kekuatan armada laut yang tangguh bukanlah sebuah kemewahan, tetapi kebutuhan mutlak untuk menegakkan kedaulatan dan hukum di seluruh penjuru teritori dan yurisdiksi," ujar Muhammad Ali dalam siaran pers Dinas Penerangan AL, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: TNI AL Menggelar Latihan di Perairan Ambalat, Libatkan 2 Kapal Perang

Pesawat CN 235-220 MPA merupakan pesawat keenam yang sudah datang di jajaran Puspenerbal. Alutsista ini memiliki fungsi sebagai intai udara maritim dan pengamatan laut.

Pesawat yang mampu terbang setinggi 25.000 fit tersebut dilengkapi dengan peralatan intai maritim yaitu flir radar sehingga memungkinkan untuk melaksanakan patroli maritim dengan optimal.

Sementara pesawat Piper Archer PA-28-181 merupakan pesawat latih dasar yang digunakan calon rajawali-rajawali jalasena muda dalam menjalankan pelatihan terbang.

Pesawat ini adalah pesawat latih kedua yang dimiliki Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal yang sudah menggunakan GPS garmin G1000 NXI system.

Kemudian, helikopter Bell 505 merupakan jenis helikopter yang bermesin tunggal, tetapi memiliki tenaga (shaft horse power) dan blade span yang besar.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Alutsista, TNI Komitmen Berdayakan Industri Pertahanan Dalam Negeri

Helikopter ini sangat cocok dijadikan latihan dasar. Helikopter Bell 505 memiliki keamanan yang jauh lebih baik dalam pelaksanaan latihan, khususnya keadaan darurat bagi siswa penerbang helikopter. Helikopter ini diproduksi oleh Bell Textron Kanada.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TNI AL Tambah 4 Pesawat dan 1 Helikopter Baru, Berikut Spesifikasi dan Fungsinya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×