kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penuhi Kebutuhan Alutsista, TNI Komitmen Berdayakan Industri Pertahanan Dalam Negeri


Rabu, 18 Januari 2023 / 16:57 WIB
Penuhi Kebutuhan Alutsista, TNI Komitmen Berdayakan Industri Pertahanan Dalam Negeri
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dorang-874 berlabuh di dermaga galangan kapal PT CMS, Puloampel, Serang, Banten, Senin (21/3/2022). Penuhi Kebutuhan Alutsista, TNI Komitmen Berdayakan Industri Pertahanan Dalam Negeri.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkomitmen memberdayakan industri pertahanan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan alat utama sistem senjata (alutsista). 

Hal itu diungkapkan Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI Laksda Hery Puranto dalam focus group discussion (FGD) tentang “Respons Ekosistem Industri Pertahanan Nasional Terhadap Dinamika Geopolitik Global yang Berubah” yang digelar secara daring. 

"TNI berkomitmen memberdayakan industri pertahanan dalam negeri dalam pemenuhan kebutuhan alutsista. Pemenuhan alutsista dalam negeri tersebut diharapkan menciptakan kemandirian industri dalam memenuhi kebutuhan pertahanan pokok untuk menjaga kedaulatan NKRI," ujar Hery dalam siaran pers Puspen TNI, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Resmi, Indonesia Membeli 6 Jet Tempur Dassault Rafale dari Prancis

Ia mengatakan, perlu adanya sinkronisasi antara pengembangan kapasitas industri pertahanan dengan pembangunan kekuatan TNI. 

"Selain itu, perlu pemenuhan dan peningkatan kualitas alutsista dengan peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dan ketepatan waktu produksi," kata Hery. 

Sebelumnya, pemenuhan kebutuhan alutsista dengan memberdayakan produk dalam negeri juga disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali. 

Itu disampaikan Muhammad Ali saat ditanya rencana produk drone dan senjata sniper yang akan digunakan para infanteri Korps Marinir. Ali mengungkapkan bahwa TNI AL telah mendapatkan penawaran dari sejumlah pihak. 

Baca Juga: Menteri Pertahanan Tinjau Progres Proyek Modernisasi Pesawat C130H Milik TNI AU

"Memang kami sedang memilih mana yang terbaik di antara yang sudah ditawarkan kepada kami, dan kami tetap mengutamakan produk dalam negeri," ujar Ali di atas KRI Banda Aceh-593 yang bersandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (16/1/2023). 

Namun, Ali mengatakan, tidak menutup kemungkinan untuk membeli drone dan senjata sniper dari luar negeri. 

"Apabila ada hal-hal yang spesifik terkait dengan peralatan, bisa saja kami membeli dari luar negeri. Namun, tetap yang didahulukan adalah yang di dalam negeri," kata Ali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TNI Komitmen Berdayakan Industri Pertahanan Dalam Negeri untuk Pemenuhan Alutsista"
Penulis : Nirmala Maulana Achmad
Editor : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×