kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

ADM diluncurkan, pencetakan dokumen kependudukan bisa kurang dari 2 menit


Minggu, 17 November 2019 / 20:11 WIB
ADM diluncurkan, pencetakan dokumen kependudukan bisa kurang dari 2 menit
ILUSTRASI. Warga menjalani perekaman retina mata saat pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (29/1/2019). Sejak awal Januari 2019 warga di kota itu hanya melakukan perekam foto dan diber

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

ADM ini merupakan pencetak dokumen kependudukan mulai dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), kartu keluarga, Kartu Identitias Anak, akta lahir dan akta mati.

Baca Juga: Berebut nasabah lewat layanan digital

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri  Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, adanya ADM akan mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kependudukan.

“Inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi," ujar Zudan seperti yang tertera dalam keterangan tertulis, Minggu (17/11).

Penggunaan mesin ADM ini pun sama seperti ATM. Namun, pemohon dokumen kependudukan melalui ADM harus terintegrasi di kantor dukcapil terlebih dahulu.

Baca Juga: Menag: Kartu nikah bukan penghapus buku nikah

Selanjutnya, pemohon akan diberikan nomor PIN lewat SMS. terdapat 2 jenis PIN yang diberikan. Pertama, untuk masuk ke dalam sistem yang ada di ADM. Kemudian, PIN untuk mencetak data kependudukan. Tiap data kependudukan akan diberi masing-masing PIN dan bisa digunakan hanya sekali pencetakan.




TERBARU

Close [X]
×