kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

1.000 Kasus Harian Covid-19 dalam 3 Hari Beruntun, Bagaimana Aturan Lepas Masker?


Senin, 20 Juni 2022 / 04:00 WIB
1.000 Kasus Harian Covid-19 dalam 3 Hari Beruntun, Bagaimana Aturan Lepas Masker?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat khawatir. Kenaikan ini terjadi seiring teridentifikasinya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang telah masuk ke Indonesia.

Bahkan, kasus harian tercatat mencapai lebih dari 1.000 kasus dalam tiga hari berturut-turut, yakni pada 15, 16, dan 17 Juni 2022. Laporan kasus harian di atas 1000 itu pertama kali terjadi pada 15 Juni 2022 setelah dua bulan, yakni mencapai 1.242 kasus.

Tingginya kasus konfirmasi Covid-19 itu menimbulkan pertanyaan terkait aturan mengenakan masker ketika berada di luar ruangan. Sebab, Presiden Joko Widodo telah memberikan kelonggaran untuk melepas masker saat berada di luar ruangan sejak Selasa (17/5/2022).

Lantas, amankan melepas masker di luar ruangan ketika kasus Covid-19 kembali meningkat?

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 19 Juni: Penambahan Vaksinasi Mencapai 100.318 Dosis

Penjelasan Epidemiolog

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa masyarakat sebaiknya waspada terhadap penularan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

"Subvarian ini makin kuat kecenderungannya, titer virusnya itu lebih banyak sekali di hidung dan juga termasuk di rongga mulut," jelas Dicky, saat dihubungi oleh Kompas.com (18/6/2022).

"Dan ini yang artinya memberi pesan penting bahwa penting banget itu memakai masker untuk mencegah penularan," imbuhnya.

Terkait dengan aturan pelonggaran bermasker di luar ruangan, Dicky mengimbau agar masyarakat kembali melihat konteks situasinya.

"Saya kira itu harus melihat konteksnya ya, karena tidak serta merta luar ruangan itu aman," papar Dicky.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenkes Akan Aktifkan Telemedicine Isoman

Terdapat beberapa faktor yang perlu untuk dipertimbangkan kembali ketika seseorang memutuskan untuk tidak bermasker saat di luar ruangan, di antaranya sirkulasi udara hingga kepadatan masyarakat.

"Di beberapa tempat seperti di fasilitas umum, stasiun, atau bandara, meskipun itu di luar ruangan (bermasker) itu menjadi wajib menurut saya. Harus itu," ungkapnya.

"Adapun di tempat yang lainnya yang sifatnya betul-betul bukan fasilitas umum dan bukan layanan publik dan juga memang secara kepadatan dan sirkulasi ventilasi baik, bisa saja tetap diberikan kelonggaran," tambah Dicky.

Masker boleh dibuka di luar ruangan, tapi...

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sempat menyinggung aturan penggunaan masker di luar ruangan di tengah kenaikan kasus Covid-19. Budi mengatakan bahwa pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan tetap diberikan.

Namun, dalam pelaksanaannya masyarakat perlu memiliki kesadaran untuk bijak dalam menentukan kapan saatnya melepas masker atau menggunakan masker.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Indonesia, 19 Juni: Tambah 1.167 Kasus Baru, Meninggal 3

"Masker tetap, kalau di luar ruangan kita bisa buka," kata Budi, dalam Keterangan Pers usai Rapat Terbatas mengenai Perkembangan PPKM, Senin (13/6/2022).

Tapi kalau di luar kerumunannya padat sekali atau ada yang batuk-batuk, atau kita sendiri merasa tidak sehat, silakan memakai masker," imbuhnya.

Sementara untuk di dalam ruangan yang ber-AC dan sirkulasi udaranya tertutup, pemerintah tetap menyarankan untuk mengenakan masker.

"Tidak ada ruginya kita bersikap hati-hati dan waspada. Malah itu bisa melindungi diri kita dan orang lain," ungkap Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Covid-19 Alami Kenaikan, Bagaimana Kebijakan Bermasker di Luar Ruangan?"
Penulis : Alinda Hardiantoro
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×