kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prabowo dirugikan iklan kematian Jokowi


Jumat, 09 Mei 2014 / 13:36 WIB
Prabowo dirugikan iklan kematian Jokowi
ILUSTRASI. Reborn Rich, dibintangi Song Joong Ki, masih jadi drakor ongoing hingga pertengahan Desember 2022 ini di Viu.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Semakin mendekati pemilihan umum presiden (Pilpres) 2014, kampanye hitam dan kampanye negatif marak beredar di dunia maya. Terakhir, yang menjadi perbincangan publik adalah beredarnya Iklan Kematian Jokowi di media sosial.

Kemunculan iklan tersebut  langsung mengundang protes publik, akibatnya ada pihak yang diuntungkan dan pihak yang dirugikan.

"Pihak yang diuntungkan adalah Jokowi, karena pendukungnya langsung bereaksi keras merasa dizalimi. Sedangkan pihak Prabowo dirugikan karena stigma negatif selalu dialamatkan kepadanya," kata Dewi Haroen, Psikolog Politik UI dan Pakar Personal Branding dalam keterangan persnya, Jumat (9/5).

Dewi menuturkan, Jokowi mendulang keuntungan besar dari kampanye negatif ini karena, selain langsung dibela oleh rakyat dan juga menjadi pihak yang teraniaya. Dalam sejarah pencapresan di Indonesia, Capres yang terkesan dianiaya biasanya banyak mendapatkan dukungan berpotensi menjadi presiden.

"Masalahnya, apakah kubu Prabowo yang melakukan hal ini? Belum tentu juga," katanya.

Dia menjelaskan tidak mungkin Prabowo melakukan tindakan-tindakan bodoh yang akan merugikan dirinya sendiri. "Prabowo sendiri orang yang paham strategi, dan tim-nya juga orang-orang pilihan yang tidak mungkin membuat kesalahan-kesalahan yang tidak material," katanya.

Dengan kata lain, menurut Dewi Haroen, tidak mungkin Prabowo melakukan tindakan tersebut. "Lihat saja, begitu gambar ini muncul hujatan-hujatan terhadap Prabowo mengalir deras dari pihak lawan. Masa Prabowo melakukan tindakan yang merugikan dirinya sendiri," tambahnya.

Dalam perspektif untung atau rugi, biasanya tindakan khusus dilakukan untuk memperoleh keuntungan, dan bukan untuk meraih kerugian. "Rakyat tidak boleh dibodohi lagi dengan hal-hal seperti ini. Sudah cukup kenyang rakyat menelan banyak kampanye-kampanye yang sehat," ujarnya.

Dewi mengimbau agar Tim Kampanye Jokowi dan Tim Kampanye Prabowo tidak mengembangkan kampanye hitam, kampanye negatif, dan propaganda jahat. "Silakan bikin program yang sebagus-bagusnya, tapi kalau tidak punya program yang baik jangan kemudian meluncurkan program kampanye jahat," tandasnya.

Seperti diketahui, di Facebook dan Twitter, beredar gambar ucapan dukacita untuk Ir Herbertus Joko Widodo. Ada foto Jokowi di gambar tersebut. Bentuk gambar tersebut berupa iklan pengumuman kematian yang sering dimuat di surat kabar. Sebagai awalan dalam gambar tersebut, tercantum tulisan yang mengumumkan 'kematian' Jokowi pada 4 Mei 2014.  (Muhammad Zulfikar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×