kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dana asing selamatkan neraca pembayaran Indonesia


Jumat, 11 Agustus 2017 / 20:47 WIB
Dana asing selamatkan neraca pembayaran Indonesia


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Aliran dana asing kembali menyelamatkan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI). Bank Indonesia (BI) mengumumkan NPI triwulan II 2017 surplus sebesar US$ 0,7 miliar ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang lebih besar dari defisit transaksi berjalan.

Direktur Eksekutif BI Agusman menyatakan, surplus NPI tersebut mendorong peningkatan posisi cadangan devisa dari US$121,8 miliar pada akhir triwulan I 2017 menjadi US$123,1 miliar pada akhir triwulan II 2017.

BI menilai, jumlah cadangan devisa tersebut cukup untuk membiayai kebutuhan pembayaran impor dan utang luar negeri pemerintah selama 8,6 bulan dan berada di atas standar kecukupan internasional.

“Surplus transaksi modal dan finansial didukung oleh kuatnya kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia seiring pencapaian investment grade,” kata Agusman, Jakarta, Jumat (11/8).

Ia memaparkan, transaksi modal dan finansial pada triwulan II 2017 mencatat surplus US$5,9 miliar didukung oleh meningkatnya surplus investasi langsung dan investasi portofolio.

Surplus transaksi modal dan finansial tersebut lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada triwulan I 2017 sebesar US$ 8,0 miliar maupun surplus pada triwulan II 2016 sebesar US$6,9 miliar.

“Lebih rendahnya surplus disebabkan oleh meningkatnya defisit investasi lainnya, terutama kebutuhan untuk pembayaran utang luar negeri serta antisipasi perbankan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas valas perbankan yang bersifat temporer dalam menghadapi libur panjang Lebaran,” katanya.

Sedang defisit transaksi berjalan kuartal II 2017 meningkat seiring menurunnya surplus neraca perdagangan nonmigas disertai meningkatnya defisit neraca jasa dan pendapatan primer.

Defisit transaksi berjalan pada triwulan II 2017 tercatat sebesar US$5,0 miliar (1,96% PDB), meningkat dari US$2,4 miliar (0,98% PDB) pada triwulan I 2017, namun masih lebih rendah jika dibandingkan dengan defisit pada triwulan II 2016 sebesar US$5,2 miliar (2,25% PDB).

Penurunan surplus neraca perdagangan nonmigas disebabkan oleh turunnya ekspor nonmigas di tengah tingginya impor nonmigas, baik bahan baku dan barang konsumsi, untuk memenuhi permintaan domestik selama bulan puasa dan Lebaran.

Sementara itu, meningkatnya defisit neraca jasa bersumber dari turunnya surplus jasa travel dan naiknya defisit neraca pendapatan primer karena meningkatnya pembayaran dividen sesuai dengan pola musimannya.

“Peningkatan defisit transaksi berjalan lebih lanjut tertahan oleh menurunnya defisit neraca perdagangan barang migas sejalan dengan turunnya harga dan volume impor minyak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×