kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,93   -8,56   -0.93%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres berharap UMKM dapat langsung berlari kencang usai pandemi Covid-19


Rabu, 28 Oktober 2020 / 17:47 WIB
Wapres berharap UMKM dapat langsung berlari kencang usai pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Wakil Presiden Ma'ruf Amin


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap UMKM di Indonesia dapat langsung berlari kencang setelah pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf Amin dalam webinar yang diselenggarakan The Jakarta Post secara virtual, Rabu (28/10/2020). 

"Setelah UMKM saat ini diupayakan untuk bertahan, selanjutnya UMKM itu perlu dipersiapkan agar dapat langsung bergerak pascapandemi Covid-19," ujar Wapres Ma'ruf Amin. 

Semenjak pandemi melanda Indonesia, Maret 2020, pemerintah telah mengeluarkan berbagai program bantuan agar UMKM dapat bertahan. Beberapa program yang dimaksud, yakni perluasan pembiayaan kredit modal kerja dan skema penjaminannya bagi UMKM, pemberian insentif pajak untuk wajib pajak UMKM melalui pembebasan tarif pajak penghasilan (PPh) serta relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi UMKM. 

Kemudian, pemberian subsidi bunga kredit bagi UMKM serta berbagai kebijakan lainnya. "Sebagai tambahan untuk mendukung kelompok masyarakat yang paling terdampak, termasuk kelompok UMKM pada bulan Agustus yang lalu Presiden meluncurkan dua program yang sama sekali baru," kata Wapres Ma'ruf Amin. 

Baca Juga: Menteri Koperasi: Inkubasi wadah tepat ciptakan UMKM unggul dan lapangan kerja

Program tersebut adalah subsidi upah yang ditujukan kepada masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan. Kemudian, program bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro (BPUM) atau yang dikenal dengan Banpres Produktif yang ditujukan khusus kepada UMKM yang sedang tidak menerima pendanaan dari lembaga keuangan. 

"Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi masyarakat kurang mampu dan menjaga keberlangsungan UMKM kita," ucap dia. 

Oleh sebab itu, Wapres Ma'ruf Amin yakin UMKM dapat berlari kencang seperti yang pemerintah harapkan. Dampak ekonomi dari pergerakan UMKM itu dinilai sangat penting demi pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Yakin UMKM Bisa Berlari Kencang Usai Pandemi Covid-19"

Selanjutnya: Gandeng Taralite, OVO sediakan pinjaman UMKM terdampak Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×