kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turunkan angka kematian corona, pemerintah tambah alat PCR dan ventilator di daerah


Minggu, 13 September 2020 / 09:57 WIB
Turunkan angka kematian corona, pemerintah tambah alat PCR dan ventilator di daerah
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah sedang menekan angka kematian akibat Covid-19. 

Ia bilang, salah satu caranya adalah dengan memberikan bantuan fasilitas alat kesehatan seperti alat Polymerase Chain Reaction (PCR) serta ventilator untuk beberapa rumah sakit yang menangani Covid-19 di daerah. 

"Pemerintah tengah berupaya menekan angka kematian atau fatalitas akibat Covid-19 dengan memberikan alat kesehatan seperti PCR dan ventilator untuk beberapa RS yang penanganan Covid-19," kata Muhadjir dalam rilis, Minggu (13/9).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Muhadjir menyerahkan bantuan ventilator untuk Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Sumatra Utara. Kemudian sebanyak 432 alat pelindung diri (APD) dan 3.600 masker juga turut diberikan kepada RS Adam Malik. 

Baca Juga: Negosiasi alot, pengumuman kepastian PSBB Jakarta ditunda sampai besok

Selain itu, pihaknya juga meninjau pembangunan Gedung Infeksi RSUP H Adam Malik Medan yang pembangunannya bersumber dari dana pemerintah pusat. 

"Ini sudah termanfaatkan betul untuk pasien penderita Covid-19 kelas berat, untuk yang ringan dan sedang ditanggung rumah sakit di bawah pemprov," kata Muhadjir. 

Adapun jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 hingga Sabtu (12/9) telah mencapai 8.650. Jumlah tersebut didapatkan setelah ada penambahan sebanyak 106 pasien dalam waktu 24 jam. 

Sementara itu, jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 214.746 sejak pengumuman kasus perdana pada 2 Maret 2020. Dari jumlah tersebut, sudah terdapat 152.458 orang yang dinyatakan sembuh. (Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tekan Angka Kematian Covid-19, Pemerintah Perbanyak Alat PCR dan Ventilator di Daerah".

Selanjutnya: Jokowi berbeda pendapat dengan Anies Baswedan soal PSBB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×