kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teten Masduki dorong pelaku UMKM menggunakan pembayaran digital


Rabu, 01 Juli 2020 / 21:50 WIB
Teten Masduki dorong pelaku UMKM menggunakan pembayaran digital
ILUSTRASI. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki (tengah), Pemimpin Redaksi Kontan Ardian Taufik Gesuri (kanan) dan redaksi saat kunjungan ke Gedung Kontan, Jakarta (11/3). Dalam lawatannya, beberapa program di paparkan guna membantu sektor U


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM ialah soal pembiayaan. Oleh karena itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut kehadiran fintech dapat menjadi solusi bagi UMKM untuk akses pembiayaan.

Terhubungnya dengan digital menjadi jalan bagi UMKM untuk dapat mempermudah mereka mengakses pembiayaan. Dimana diketahui untuk dapatkan akses pembiayaan diperlukan record kesehatan keuangan dari UMKM tersebut.

Baca Juga: Airlangga optimistis peningkatan inflasi Juni 2020 tanda naiknya permintaan domestik

"Yang bisa bertahan adalah UMKM yang sudah terhubung dengan digital dan mereka yang mereka bisa beradaptasi merespon perkembangan market di tengah pandemi ini. Dua hal itu menjadi penting untuk kita mempercepat modernisasi UMKM termasuk digitalisasi ketika kita bicara digitalisasi ini penting juga dengan digital payment," jelas Teten dalam Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) pada Selasa (30/6).

Teten menyebut pihaknya, sekarang ini terus mendorong untuk UMKM bisa masuk digital salah satunya menggunakan pembayaran digital. Hal tersebut melihat adanya perubahan konsumen dari offline ke online. Serta adanya standar yang tinggi akan produk yang higienis dan bebas dari virus corona.

Baca Juga: Airlangga Hartarto sebut relaksasi dan stimulus KUR akan bangkitkan ekonomi

"Penting dalam digitalisasi ini adalah integrasi ekosistem digital dengan digital payment dan penting juga digitalisasi bagi UMKM bukan hanya sekadar untuk mengakses pasar yang lebih besar tapi juga ke depan untuk memperluas akses ke sumber pembiayaan," tegas Teten.

Kembali disampaikan Teten, UMKM yang terhubung ke market online baru 13% atau sekitar 8 juta pelaku usaha. Angka tersebut, sampai akhir tahun ini ditargetkan bertambah menjadi 10 juta UMKM yang sudah terhubung dengan digital.




TERBARU

[X]
×