kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak perlu khawatir, daftar jadi pedagang e-commerce tak harus punya NPWP


Selasa, 15 Januari 2019 / 06:00 WIB
Tak perlu khawatir, daftar jadi pedagang e-commerce tak harus punya NPWP


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Implementasi aturan pajak e-commerce yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik menuai kritik dari sejumlah pelaku usaha. Salah satunya lantaran simpang siur kewajiban nomor pokok wajib pajak (NPWP) bagi pedagang e-commerce. Karenanya, Kementerian Keuangan menegaskan, untuk mendaftarkan diri di platform e-commerce, pedagang tak wajib memiliki NPWP.  

"Bagi yang belum memiliki NPWP, dapat memberitahukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada penyedia platform marketplace. NIK dimiliki oleh seluruh penduduk," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemkeu Nufransa Wira Sakti seperti yang dikutip lewat media sosialnya, Senin (14/1).

Memang, dalam pasal 3 ayat (6) PMK No. 210/2108, disebutkan bahwa pedagang atau penyedia jasa wajib memberitahukan NPWP kepada penyedia platform marketplace.

Namun, dalam pasal 3 ayat (7) huruf (a), dijelaskan bahwa penyedia atau penyedia jasa yang belum memiliki NPWP dapat mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP melalui aplikasi registrasi NPWP yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau yang disediakan oleh Penyedia Platform Marketplace atau seperti dalam huruf (b) disebutkan pedagang atau penyedia jasa wajib memberitahukan NIK kepada Penyedia Platform Marketplace.

"Pertemuan tadi menyepakati semangat utama dan substansi bahwa pedagang atau merchant tidak diwajibkan untuk ber-NPWP saat mendaftarkan diri di platform marketplace. Hal tersebut merupakan interpretasi yang tepat dan komprehensif terhadap keseluruhan PMK tersebut," tambah Nufransa.

Selain menjelaskan tidak adanya keharusan pedagang dalam memiliki NPWP, Kemkeu mengatakan penerbitan PMK ini tak untuk mengejar target pajak, namun untuk membangun eksosistem dan database e-commerce yang komprehensif.

Aturan ini diharapkan membuat konsumen beralih ke platform e-commerce karena pengaturan dan kepastian hukum yang leih jelas dalam perlindungan konsumen. Tak hanya itu, lewat PMK ini, data pelaporan oleh platform marketplace akan dirancang semudah mungkin. Aturan ini juga mempermudah proses impor pengiriman barang e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×