kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Syarat baru naik pesawat dan kapal wajib swab antigen, ini tingkat akurasi & biayanya


Rabu, 16 Desember 2020 / 19:01 WIB
Syarat baru naik pesawat dan kapal wajib swab antigen, ini tingkat akurasi & biayanya
ILUSTRASI. Syarat baru naik pesawat, kereta dan kapal adalah swab antigen. Ini tingkat akurasi swab antigen dan biayanya. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan mewajibkan penumpang semua moda transportasi menunjukkan hasil swab antigen negatif. Kewajiban ini berlaku mulai 18 Desember 2020-8 Januari 2021.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, kebijakan itu berlaku  nasional,  termasuk orang yang akan ke Jakarta. Mereka yang sudah membeli tiket untuk 18 Desember 2020-8 Januari 2021, wajib menyertakan hasil swab antigen.

Kebijakan ini untuk menekan angka corona meski ada libur Natal dan Tahun Baru.  "Wajib menyertakan hasil test rapid antigen. Kita prioritasnya di udara, untuk menyertakan itu," tambah dia. 

Kata Syafrin, kebijakan ini juga berlaku bagi angkutan kapal yang bergerak antarkota antarprovinsi.

Nah, apa sih swab antigen? 

Baca Juga: Swab antigen corona jadi pilihan karena murah, ini update lokasi test dan biayanya

Swab antigen atau rapid test antigen dilakukan atas antigen yang masuk dalam  tubuh.  Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk dalam tubuh. 

Mayoritas antigen yang masuk ke dalam tubuh berbahaya. Saat antigen masuk ke tubuh akan memicu tubuh menciptakan sistem imunitas yang membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) untuk berhadapan dengan antigen. 

Virus corona atau Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Rabu (16/12): Bertambah 6.725 kasus baru, ingat selalu 3 M

Nah, antigen ini juga dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen. Rapid test antigen untuk virus corona atau Covid-19 dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab. 

Beberapa penelitian menunjukkan, pemeriksaan rapid test antigen virus corona atau Covid-19 memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan rapid test antibodi, meski  belum seakurat tes PCR untuk mendiagnosis corona atau Covid-19.

Adapun biaya swab antigen di kisaran Rp 350 ribu per orang sampai Rp 700 ribu, tergantung kecepatan hasil swab.

Jika Anda di akhir tahun sudah merencanakan pergi ke luar kota, siapkan hasil swab antigennya agar perjalanan berlibur lancar,  aman dan nyaman sekaligus melindungi diri dan orang lain atas penyebaran virus corona atau Covid-19. 

Baca Juga: Catat, daftar rumah sakit dan klinik penyedia tes PCR swab virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×