kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah Terealisasi 75%, Pemerintah Optimistis Belanja Negara Terserap Habis Tahun Ini


Kamis, 08 Desember 2022 / 18:54 WIB
Sudah Terealisasi 75%, Pemerintah Optimistis Belanja Negara Terserap Habis Tahun Ini
ILUSTRASI. Surplus Perdagangan: Proses bongkar muat di terminal kontainer Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (22/11/2022). Sudah Terealisasi 75%, Pemerintah Optimistis Belanja Negara Terserap Habis Tahun Ini.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan Made Arya Wijaya mengatakan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan agar anggaran belanja negara pada akhir tahun ini bisa terserap habis.

"Mudah-mudahan terserap habis sesuai yang dianggarkan," ujar Made kepada Kontan.co.id, Kamis (8/12).

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, realisasi belanja negara hingga Oktober 2022 telah mencapai Rp 2.351,1 triliun atau terserap 75,7% dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 yang sebesar Rp 3.106,4 triliun.

Made bilang, monitoring terhadap belanja negara sampai dengan akhir tahun ini juga masih dicermati dan didorong untuk akselerasinya. Harapannya, belanja negara tersebut dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Menkeu Terbitkan Aturan Baru Soal Pengelolaan Insentif Fiskal, Berikut Isinya

"Mudah-mudahan hasilnya bisa segara diperoleh dan kontribusinya positif terhadap produk domestik bruto (PDB) dan growth (pertumbuhan)," kata Made.

Sementara itu, Plt Kepa Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Wahyu Utomo mengatakan bahwa defisit APBN 2022 diperkirakan masih akan bisa mencapai 3% dari PDB atau lebih rendah dari yang diperkirakan sebesar 3,92% dari PDB.

Hal ini didasarkan pada perkembangan APBN 2022 terkini yang menunjukkan pencapaian positif. Bahkan, belum lama ini Direktorat Jenderal Pajak melaporkan bahwa penerimaan pajak di tahun ini telah melewati target yang ditetapkan dalam Perpres 98/2022.

"Intinya untuk outlook defisit ya dikisaran 3,92%. Namun bila melihat perkembangan real APBN terkini, defisit berpotensi akan lebih rendah lagi," katanya.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet memperkirakan belanja pemerintah akan meningkat realisasinya di bulan terakhir ini.

Hal ini sejalan dengan masuknya administrasi pembayaran dari beragam proyek pemerintah dan juga realisasi dari beberapa program pemerintah seperti Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Ada 3 Tantangan Hantui Pertumbuhan Ekonomi RI, Apa Saja?




TERBARU

[X]
×