kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stok Beras Bulog Menipis, Ini Penyebabnya


Senin, 26 September 2022 / 13:41 WIB
Stok Beras Bulog Menipis, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI. Bulog sebut stok beras menipis karena permintaan pasar tinggi.. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Devisi Pengadaan Komoditi Perum Bulog, Budi Cahyanto membenarkan bahwa stok beras saat ini tengah menipis.

Hal ini dikarenakan permintaan pasar akan beras medium Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sedang tinggi hingga 10 ribu ton per hari di seluruh Indonesia.

"Namun kami juga terus lakukan serapan terutama di daerah sentra produksi yang sedang panen misalnya di Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Merauke," terang Budi, Senin (26/9).

Baca Juga: Stablilkan Harga, Bulog Salurkan 650 Ribu Ton Beras

Meski demikian Budi mengatakan bahwa stok beras hingga akhir tahun 2022 cukup. Saat ini Bulog masih memiliki cadangan beras 800 ribu ton.

Sementara menurut Budi, kebutuhan bulanan beras terutama pada masyarakat miskin atau rentan pangan adalah 190 ribu ton per bulan. Dan biasanya pemerintah menetapkan ketahanan minimum itu 3 bulan, maka dapat diasumsikan total kebutuhan 600 ribu ton.

"Bulog saat ini masih memiliki stok 800 ribu ton. Dengan penyerapan yang terus berjalan, harapannya hingga akhir tahun stok beras masih tetap 800 ribu ton," terang Budi.

Dengan stok yang ada saat ini, Bulog masih belum mendapatkan penugasan untuk impor beras. Namun jika pada nantinya pemerintah memberikan wewenang, Bulog siap menerima penugasan tersebut.

Baca Juga: Permintaan Besar, Pengembangan Beras Berkelanjutan Mendesak Dikaji

"Terkait impor mengingat regulasi ada di Pemerintah, kami menunggu saja jika sewaktu - waktu di tugaskan," tutur Budi.

Selanjutnya terkait dengan adanya potensi gagal panen karena La Lina, antisipasi dari Bulog adalah menyerap padi secepat mungkin pada masa panen raya. Sehingga dampak curah hujan tinggi harapannya tidak banyak berpengaruh ke padi yang ditanam pada periode Oktober - Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×