kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Md: Pengurus PSSI Harus Bertanggung Jawab


Jumat, 14 Oktober 2022 / 15:18 WIB
Soal Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Md: Pengurus PSSI Harus Bertanggung Jawab
Menko Polhukam Mahfud Md yang juga Ketua TGIPF Tragedi Kanjuruhan memberi keterangan kepada media di Istana Negara, Jumat (14/10).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, menyampaikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai fakta temuan pada tragedi yang terjadi pada 1 Oktober lalu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) yang juga Ketua TGIPF Mahfud Md mengatakan, pihaknya melaporkan temuan tersebut dalam 124 halaman yang berisi catatan dan rekomendasi atas temuan fakta.

Di mana dalam catatan laporan tersebut TGIPF menyebut bahwa pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan sub-sub organisasinya harus bertanggung jawab.

"Sehingga di dalam catatan kami disampaikan bahwa pengurus PSSI harus bertanggung jawab dan sub-sub organisasinya. Bertanggung jawab itu pertama berdasarkan pada aturan-aturan resmi yang kedua berdasarkan moral," kata Mahfud dalam Keterangan Pers dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (14/19).

Baca Juga: Kapolri Akui Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Tengah Merosot

Selain itu, dalam catatan akhir laporan yang digarisbawahi oleh Presiden bahwa meminta Polri supaya meneruskan penyelidikan tindak pidana terhadap orang-orang lain yang juga diduga kuat terlibat, dan harus ikut bertanggung jawab secara pidana di dalam kasus ini.

"TGIPF punya banyak temuan-temuan indikasi untuk bisa didalami oleh Polri. Adapun tanggung jawab moral, ini td tanggung jawab hukum, adapun tanggung jawab moral dipersilahkan masing-masing melakukan langkah-langkah yang diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban manusia Indonesia yang berkeadaban," kata Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×