kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Sistem Zonasi untuk Penangkapan Ikan Terukur Masih Disiapkan


Rabu, 21 September 2022 / 13:19 WIB
Sistem Zonasi untuk Penangkapan Ikan Terukur Masih Disiapkan
ILUSTRASI. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menerapkan kebijakan penangkapan ikan terukur tahun 2022.. KONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menerapkan kebijakan penangkapan ikan terukur tahun 2022.

Nantinya akan ada 3 zona di area penangkapan ikan di wilayah pengelolaan perikanan (WPP) Negara Republik Indonesia (NRI), yakni zona fishing industri, zona nelayan lokal, dan zona spawning & nursery ground (zona pemijahan dan perkembangbiakan ikan).

Dari zona-zona tersebut, KKP bakal menetapkan kuota penangkapannya. Kuota penangkapan akan terdiri dari kuota industri, kuota nelayan lokal, dan kuota untuk rekreasi maupun hobi.

Baca Juga: KKP Minta Permudah Akses BBM Subsidi untuk Nelayan

Namun, hingga kini kebijakan ini masih belum dijalankan dan pemerintah masih menyusun peraturan pemerintah untuk mengindikasikan kebijakan baru tersebut.

"Belum dijalankan, Peraturan Pemerintah nya masih on going process dan sedang dilakukan harmonisasi antar kementerian dan lembaga terkait," terang Juru Bicara Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Muryadi, Rabu (21/9).

Baca Juga: Jual Solar untuk Nelayan, Pertamina Akan Membuat Pertashop Khusus

Untuk saat ini pihaknya juga belum memastikan kapan aturan ini akan rampung. Namun pihaknya akan berupaya menyelesaikan secepat mungkin.

"Secepatnya, karena kebijakan ini penting untuk tata kelola perikanan yang lebih baik. Namun juga tergantung dengan proses harmoni yang diluar kewenangan KKP," tambah Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×