kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Selama operasi ketupat, Polri telah menghalau 68.946 kendaraan yang ingin mudik


Sabtu, 23 Mei 2020 / 20:52 WIB
Selama operasi ketupat, Polri telah menghalau 68.946 kendaraan yang ingin mudik
ILUSTRASI. Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 68.946 kendaraan dipaksa putar balik oleh polisi selama 29 hari pelaksanaan Operasi Ketupat. Langkah itu dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) menjadi semakin banyak saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. 

"Kalau kita jumlahkan selama 29 hari Operasi Ketupat, kita sudah putar balik sejumlah 68.946 kendaraan," kata Kepala Divisi Humas Polri Bigjen Argo Yuwono dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (23/5/2020). 

Baca Juga: Pintu tol Palimanan Cirebon terpantau sepi sehari jelang lebaran

Argo melanjutkan, Polri juga mengimbau masyarakat di daerah yang tidak memiliki keterampilan khusus untuk tidak datang ke DKI Jakarta seusai Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin masif. "Kita mengharapkan bahwa adanya penyekatan arus balik yang kita lakukan dari berbagai Polda melakukan pencegatan arus balik," ujarnya. 

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan strategi penyekatan arus balik Lebaran di sejumlah titik. Penyekatan tersebut dikoordinasikan oleh kepolisian daerah (Polda) setempat. Di antaranya seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten. "Contohnya di Pulau Jawa Timur itu ada penyekatannya antar provinsi di jalur tol itu kita lakukan di wilayah Sragen," ujarnya. 

Baca Juga: Tidak mudik ke Solo, presiden Jokowi akan rayakan Idul Fitri di Istana Bogor

Argo menegaskan, baik TNI atau Polri yang tergabung dalam tim Operasi Ketupat akan tetap bekerja saat Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, demi suasana yang lebih kondusif, Argo mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah terutama dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Kita berharap masyarakat untuk mentaati kaitannya dengan apa menjadi program maupun yang telah disampaikan oleh pemerintah," ucap Argo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri Putar Balik 68.946 Kendaraan Selama Operasi Ketupat"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×