kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rasa kemanusiaan dorong untuk jadi pendonor plasma konvalesen


Sabtu, 24 Juli 2021 / 07:00 WIB
Rasa kemanusiaan dorong untuk jadi pendonor plasma konvalesen


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Kebutuhan akan plasma konvalesen meningkat seiring dengan tingginya laju penambahan kasus baru Covid-19. Hal tersebut yang membuat Rachmawati petugas ambulans di Kota Tangerang ikut andil menjadi pendonor. Ia melakukan donor plasma konvalesen pada akhir Januari 2021 lalu.

"Yang mendorong untuk donor plasma karena banyak pasien yang membutuhkan sedangkan saat itu pendonor plasma konvalesen sangat jarang, jadi tergerak untuk membantu," kata Rachmawati kepada Kontan.co.id, Jumat (23/7).

Sebelumnya, ia menceritakan memang rutin melakukan donor darah. Oleh karenanya, melihat kebutuhan akan plasma konvalesen tinggi dan dirinya termasuk dalam kategori pendonor, membuat Rachmawati mantab melakukannya.

Adapun sebelum melakukan donor plasma konvalesen, Rachmawati melakukan istirahat yang cukup dan minum air putih yang banyak, serta mengurangi makan makanan yang mengandung protein tinggi.

Baca Juga: Kapan pasien Covid-19 harus mendapatkan plasma konvalesen?

"Itu biasanya agar plasma tidak keruh. Pertama kali donor plasma sedikit pusing, tapi setelahnya normal kembali," imbuhnya.

Alur Ia menjadi pendonor plasma konvalesen ialah, mendatangi langsung dan mengisi formulir yang disediakan oleh PMI dan membawa hasil swab terakhir.

"Bagi penyintas yang masih ragu donor, sebisa mungkin yang bisa mendonorkan plasmanya yuk bantu saudara kita yang lain, karena di luar sana banyak sekali pasien yang membutuhkan," ajak Rachmawati.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, pada prinsipnya plasma konvalesen adalah penggunaan cairan plasma darah mengandung antibodi SARS-CoV-2 yang berasal dari penyintas sebagai pengobatan bagi pasien Covid-19.

Baca Juga: Dari hari ke hari, begini gejala awal terinfeksi virus corona

Adapun syarat seseorang yang dapat mendonorkan plasmanya ialah penyintas yang telah bebas keluhan/gejala minimal 14 hari dan dinyatakan sembuh minimal 3 bulan sebelum pemberian donor.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×