kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilkada tinggal beberapa hari, ini cara cek apakah nama Anda sudah masuk DPT


Jumat, 22 Juni 2018 / 07:35 WIB
Pilkada tinggal beberapa hari, ini cara cek apakah nama Anda sudah masuk DPT
Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2018 pada situs KPU


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah musim mudik Lebaran usai, kini bangsa Indonesia bersiap menjalani agenda nasional lain. Jadwal terdekat adalah pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018.

Tinggal beberapa hari lagi mestinya persiapan KPU dan seluruh jajaran pelaksana pemungutan suara, sampai tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), sudah matang.

Tapi bagaimana dengan kesiapan para pemilih sendiri? Salah satu kesiapan Anda sebagai pemilih adalah memastikan nama Anda sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Pilkada Serentak 2018.  

Nah, bagi Anda yang hendak memastikan hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyediakan laman internet yang bisa diakses masyarakat di https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018.

Di laman tersebut Anda akan mendapati informasi mengenai DPT Pilkada 2018. Silakan klik pranala (link) "Halaman DPT". Segera Anda akan dibawa melihat halaman yang berisi daftar provinsi seluruh Indonesia. Silakan pilih provinsi di mana Anda tinggal.

Setelah itu Anda akan melihat daftar kota atau kabupaten seluruh Indonesia. Pilih salah satu di mana Anda berdomisili sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Maka Anda masuk halaman yang berisi daftar kecamatan yang ada di daerah Anda.

Lanjutkan dengan memilih kecamatan, kelurahan/desa, dan lanjut sampai TPS di mana Anda hendak menggunakan hak memilih nanti. Jika belum tahu di TPS berapa seharusnya nama Anda terdaftar, silakan tanyakan kepada tetangga, Ketua RT, atau Ketua RW setempat. 

Nah, sekarang Anda bisa memastikan apakah nama Anda sudah tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2018. Jika nama Anda sudah ada di dalam daftar itu, siapkan diri untuk memilih calon kepala daerah yang terbaik. 

Namun, jika ternyata nama Anda belum tercantum di sana, silakan hubungi Ketua RT, Ketua RW, atau tetangga yang menjadi panitia pemungutan suara. 
Tenang, Anda tetap berhak untuk mencoblos meski nama belum tercantum dalam DPT. KPU sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut.

Umumnya, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT bisa langsung mendatangi TPS dengan membawa KTP asli. Hanya saja, panitia pemungutan suara biasanya akan menyediakan slot waktu yang lebih terbatas.

Selamat mencoblos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×