kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,43   -23,30   -2.42%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini membaik


Sabtu, 10 Juli 2021 / 08:15 WIB
Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini membaik


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik pada bulan Juni 2021, meski masih tertahan pada zona pesimis. 

Bank Indonesia (BI) mengatakan, ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini Juni 2021 yang sebesar 90,3 atau meningkat dari 86,8 pada bulan sebelumnya. 

“Meningkatnya IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama Indeks Penghasilan Saat Ini,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, yang dirilis Jumat (9/7). 

Erwin memerinci, persepsi konsumen terhadap perbaikan penghasilan saat ini memang terpantau membaik. Ini terlihat dari Indeks Penghasilan Saat Ini JUni 2021 yang naik 4,2 poin menjadi 99,5. 

Peningkatan terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, peningkatan terjadi pada seluruh kategori usia, terutama pada responden usia 51 tahun hingga 60 tahun. 

Baca Juga: BI prediksi penjualan eceran Juni 2021 turun, penurunan terdalam di Surabaya

Kemudian, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) juga membaik, terutama pada pembelian barang elektronik dan perabot rumah tangga. 

Kenaikan ini tercermin dari Indeks Pembelian Durable Goods yang naik 3,3 poin menjadi 91,0. Kenaikan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran, terutama repsonden dengan pengeluaran Rp 41, juta hingga Rp 5 juta per bulan. 

Sementara dari sisi usia, keyakinan untuk membeli barang tahan lama meningkat pada responden dengan rentang usia 51 tahun hingga 60 tahun. 

Seiring dengan membaiknya keyakinan terhadap penghasilan dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama, persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini juga terpantau membaik. 

Ini tercermin dari Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Juni 2021 yang naik 3,0 poin menjadi 80,4. Peningkatan khususnya pada kelompok responden dengan tingkat pendidikan SMA sampai sarjana.

Selanjutnya: Sejumlah kota ini mengalami perlambatan pertumbuhan penjualan ritel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×