kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS961.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Permintaan Sri Mulyani ke Menteri Prabowo perihal anggaran Kementerian Pertahanan


Kamis, 14 Januari 2021 / 08:00 WIB
Permintaan Sri Mulyani ke Menteri Prabowo perihal anggaran Kementerian Pertahanan


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menganggarkan belanja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tahun ini sebesar Rp 137,3 triliun. Angka tersebut menempatkan Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto sebagai K/L kedua yang paling banyak memakan anggaran setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap dengan besarnya agar tersebut berharap sistem pertahanan keamanan dan fungsi pertahanan keamanan bisa betul-betul menjadi necessary condition bagi pemulihan dan stabilitas ekonomi Indonesia.

“Dari alokasi anggaran belanja 2021, Kemenhan diharapkan akan mampu untuk terus melakukan modernisasi dan perawatan alutsista serta pemenuhan kebutuhan alutsista serta menjaga stabilitas pertahanan untuk mendukung pemulihan ekonomi kita," kata Menkeu dalam acara bertema “Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat Mewujudkan Indonesia Tangguh,” secara virtual, Rabu (13/1).

Menkeu menambahkan bahwa saat ini tantangan pertahanan nasional semakin dinamis. Ada yang sifatnya internal seperti terorisme, narkoba, separatisme dan konflik komunal, ada yang dari eksternal seperti konflik perbatasan, spionase, cyber war, proxy war atau isu senjata pemusnah massal dan juga transnational crime yang memang menjadi ancaman semua negara. 

Baca Juga: Usai Jokowi terima vaksin Covid-19, Sri Mulyani: Kami semua siap divaksin

“Dan sekarang muncul nontraditional security threat seperti perubahan iklim, bencana alam, pandemi atau epidemi dan krisis pangan. Ini yang menjadi tantangan kita yang harus kita waspadai dan kita pelajari untuk bisa kita kelola penanganannya,” jelasnya.

Terakhir, Menkeu mengatakan pihaknya akan terus mendukung Kemenhan untuk memenuhi kebutuhan sebagai suatu institusi yang penting di dalam Republik Indonesia di dalam menjaga pertahanan dan keamanan Republik Indonesia.

Sebagai catatan, anggaran Kemenhan tahun ini naik 14,12% dari pagu tahun lalu sebesar Rp 117,9 triliun sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2020 terkait postur APBN Tahun Anggaran 2020.

Adapun realisasi hingga akhir 2020, Kemenhan sudah merealisasikan Rp 135,9 triliun atau setara 115,2% dari pagu tahun lalu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×