kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat brand Wonderful Indonesia, Kemenparekraf berikan co-branding awards 2021


Rabu, 08 Desember 2021 / 09:39 WIB
Perkuat brand Wonderful Indonesia, Kemenparekraf berikan co-branding awards 2021
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menganugerahkan Co-Branding Awards 2021 terhadap sejumlah jenama yang menjadi mitra guna memperkuat brand "Wonderful Indonesia" dalam meningkatkan promosi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk nyata dari kemitraan yang terjalin antara Kemenparekraf dan jenama-jenama terkemuka di Indonesia dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional. Hal itu disampaikan Sandiaga dalam malam penganugerahan Co-Branding Awards 2021 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Senin (6/12/2021) malam.

Sandiaga mengatakan, kolaborasi yang terjalin dengan 52 jenama ternama di Indonesia diharapkan dapat menggerakkan kembali perekonomian nasional dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan brand "Wonderful Indonesia" di seluruh sektor kehidupan masyarakat, termasuk di platform-platform digital.

"Berarti kita harus banyak hadir di digital platform. Kita harus pastikan bahwa layar yang mengikuti kita itu 'Wonderful Indonesia' juga ikut hadir," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang disiarkan, Senin (6/12) malam.

Baca Juga: Kemenparekraf tetapkan 21 lokasi sebagai kabupaten/kota Kreatif Indonesia 2021

Selain itu, Sandiaga juga berharap brand "Wonderful Indonesia" dapat hadir di produk-produk Fast Moving Consumer Good (FMCG) yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.  Mengenai brand "Wonderful Indonesia" sendiri, Sandiaga menyebutkan, berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), Indonesia berada di peringkat 40 dari 140 negara. Mengungguli negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Vietnam.

"Ini menunjukkan brand strategy pariwisata kita bekerja secara optimal. Namun saya tidak puas, menurut saya kita harus tingkatkan (brand) Wonderful Indonesia untuk memiliki equity yang lebih kuat," ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya menjelaskan, ada empat kategori penilaian yang menjadi patokan dari ke-52 jenama dalam penghargaan ini. Keempatnya adalah The Most Participative Brand, Most Creative Brand, Most Collaborative Brand serta The Best Associate Brand Exposure.

"Kerja sama Co-Branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan korporasi memiliki tiga tujuan utama, yaitu peningkatan brand equity Wonderful Indonesia sebagai identitas pariwisata Indonesia, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta adanya sharing resources dari setiap pihak yang terlibat," kata Nia.

Berikut jenama-jenama yang mendapat penghargaan dalam Co-Branding Awards 2021:

The most participative brand:

-Sea Safari Cruise (Bronze)

-BRI (Silver)

-Grab (gold)

Most creative brand:

-Nutrifood (bronze)

-BRI (Silver)

-Element bike (gold)

Baca Juga: Kemenparekraf bakal kembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas

Most collaborative brand:

-Tiket.com (Bronze)

-Sweet Escape (Silver)

-Element bike (Gold)

The best associate brand exposure:

-KAI Wisata (Bronze)

-BRI (Silver)

-Tiket.com (Gold)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×