kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,19   5,86   0.65%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penuhi Regulasi, Starlink Diujicobakan di IKN Bulan Mei Mendatang


Rabu, 24 April 2024 / 14:14 WIB
Penuhi Regulasi, Starlink Diujicobakan di IKN Bulan Mei Mendatang
ILUSTRASI. Kemenkominfo memastikan Starlink akan diujicobakan pada Mei mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN)


Reporter: Aurelia Lucretie | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memastikan Starlink akan diujicobakan pada Mei mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Menurut keterangan Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong bahwa tanggal pasti untuk uji coba Starlink belum ditetapkan.

Usman bilang, Starlink sudah memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah misalnya harus berbadan hukum Indonesia. Diketahui bahwa saat ini Starlink hadir di Indonesia dengan nama PT Starlink Services Indonesia.

"Sudah, makanya dia bisa beroperasi di Indonesia karena sudah memenuhi berbagai persyaratan sebagaimana diatur dalam regulasi," sambungnya. Dia mengatakan bahwa Starlink sudah memenuhi persyaratan sejak awal tahun 2024 dan sudah mulai diurus sejak pertengahan tahun 2023.

Baca Juga: Starlink Harus Memenuhi Persyaratan Perizinan Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi

Dengan berbadan hukum Indonesia, Usman memastikan Starlink akan mengikuti regulasi yang berlaku di Indonesia. Jadi, khalayak tidak perlu takut perihal keamanan layanan Starlink sebab pemerintah Indonesia punya wewenang mengatur Starlink.

Terkait persaingan dengan provider dalam negeri, Usman menyatakan bahwa persaingan harus ada. Dengan catatan, persaingan yang dapat mendorong kualitas layanan kepada masyarakat.  

"Makanya kita atur kompetisinya, kita gak perlu khawatir," ujar Usman.

Pihak Kemenkominfo rencananya akan membuat regulasi wilayah cakupan layanan dan mendorong kerja sama Starlink dengan provider lokal.

Baca Juga: Kerja Sama dengan Starlink, Ini Harapan APJII

"Misalnya Starlink di IKN, di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Itu kan bisa kita atur, lalu kita atur kerja sama. Jadi kita dorong tempat operasinya, kita atur. Terus kita atur juga pola kerja sama kalau memang mau bekerja sama," katanya. 

Perihal kerja sama, Starlink sendiri sudah bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pernah bekerja sama dengan Telkom sebelum Starlink resmi berbadan hukum Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×