kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerja Sama dengan Starlink, Ini Harapan APJII


Rabu, 24 April 2024 / 13:30 WIB
Kerja Sama dengan Starlink, Ini Harapan APJII
ILUSTRASI. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) resmi bekerja sama dengan Starlink dalam menyediakan pelayanan internet di Indonesia.


Reporter: Aurelia Lucretie | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) resmi bekerja sama dengan Starlink dalam menyediakan pelayanan internet di Indonesia.

Menurut Ketua Umum APJII Muhammad Arif, kerjasama antara keduanya akan menguntungkan baik untuk internet service provider (ISP) anggota maupun Starlink.

"Kehadiran big player seperti Starlink bisa bermanfaat juga untuk anggota lain dan masyarakat," kata Arif kepada Kontan, Rabu (24/4).

Adapun Arif menyebut bahwa poin-poin kerjasama APJII dengan Starlink antara lain meningkatkan pemerataan akses internet di Indonesia, mendukung tata kelola industri internet di Indonesia agar tetap kondusif.

Lalu, mendistribusikan internet di Indonesia dengan menggunakan teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT), utilisasi layanan Starlink melalui program kerja sama dengan ISP anggota APJII, yang memiliki IP Address dan Autonomous System Number (ASN) yang dikeluarkan dari Indonesia.

Baca Juga: Starlink Harus Memenuhi Persyaratan Perizinan Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi

Kemudian, mengatasi penggunaan alat Starlink yang diperuntukkan di negara lain untuk dapat dipergunakan di Indonesia, mendukung secara teknis dalam meningkatkan cyber security di Indonesia, mMenciptakan persaingan usaha yang sehat dalam ekosistem digital di Indonesia.

Serta, meningkatkan kemampuan SDM melalui pelatihan VSAT bagi Anggota APJII dan layanan Starlink terkoneksi dengan IIX APJII.

Starlink akan memperoleh layanan yang terkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) APJII sekaligus mendukung peningkatan ekosistem digital di Indonesia hingga transfer pengetahuan dengan mengadakan pelatihan VSAT.

Atas poin-poin kerjasama yang telah disetujui kedua belah pihak tersebut, Arif optimis akan tercipta persaingan yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×