kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,36   17,52   1.94%
  • EMAS952.000 1,49%
  • RD.SAHAM 1.13%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Pengangguran akibat Covid-19 bisa melebihi hitungan pemerintah


Rabu, 15 April 2020 / 17:04 WIB
Pengangguran akibat Covid-19 bisa melebihi hitungan pemerintah
ILUSTRASI. Tingkat Pengangguran —— Warga duduk-duduk di trotoar jalan Jakarta, Senin (18/3). Isu tenaga kerja mewarnai debat calon wakil presiden no urut 01 dan urut 02. Ma’ruf Amin menjanjikan program kartu pra kerja. Sedangkan Sandiaga Uno menjanjikan progra


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Adinda Ade Mustami

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pandemi Covid-19 yang saat ini terus mengalami eskalasi di Indonesia tidak hanya berpotensi mengakibatkan kontraksi pertumbuhan ekonomi, tetapi juga peningkatan jumlah pengangguran dalam skala besar. 

Center of Reform on Economics (Core) Indonesia memperkirakan peningkatan jumlah pengangguran terbuka pada kuartal kedua tahun ini dalam tiga skenario.

Baca Juga: Data ODP dibuka, jumlahnya sudah tembus 139.137 orang

Pertama, potensi tambahan jumlah pengangguran terbuka secara nasional mencapai 4,25 juta orang dengan skenario ringan. Kedua, tambahan sebanyak 6,68 juta orang dengan skenario sedang. Ketiga, tambahan hingga 9,35 juta orang dengan skenario berat.

Adapun hitungan pemerintah, jumlah pengangguran sepanjang tahun ini akan bertambah 2,9 juta orang dalam skenario berat. Dan akan bertambah hingga 5,2 juta orang dalam skenario sangat berat.

Baca Juga: Apakah pandemi Covid-19 sudah masuk kategori force majeur? Ini kata pengamat hukum

"Penambahan jumlah pengangguran terbuka terjadi terutama di pulau Jawa, yaitu mencapai 3,4 juta orang dengan skenario ringan, 5,06 juta orang dengan skenario sedang dan 6,94 juta orang dengan skenario berat," terang Core dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Rabu (15/4).

Sehingga, tingkat pengangguran terbuka secara nasional pada kuartal II-2020 diperkirakan mencapai 8,2% dengan skenario ringan, 9,79% dengan skenario sedang dan 11,47% dengan skenario berat.

Sementara itu, pada Agustus 2019, jumlah pengangguran terbuka tercatat 7,05 juta orang atau 5,28% dari total angkatan kerja. Ini belum termasuk yang setengah menganggur yang jumlahnya 8,14 juta, dan pekerja paruh waktu 28,41 juta orang.

Penambahan jumlah pengangguran terbuka yang signifikan bukan hanya disebabkan oleh perlambatan laju pertumbuhan ekonomi, yang menurut proyeksi Core Indonesia akan berkisar -2% hingga 2% pada tahun ini, melainkan juga disebabkan oleh perubahan perilaku masyarakat terkait pandemi Covid-19 dan kebijakan pembatasan sosial, baik dalam skala kecil maupun skala besar. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×