kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penanganan Pandemi Terus Membaik, Luhut: Mobilitas Masyarakat Meningkat Tinggi


Senin, 07 Maret 2022 / 16:38 WIB
Penanganan Pandemi Terus Membaik, Luhut: Mobilitas Masyarakat Meningkat Tinggi
ILUSTRASI. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memastikan bahwa, kondisi dan penanganan pandemi hingga hari ini terus membaik. Dimana berdasarkan data Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan tren kasus harian nasional menurun sangat signifikan.

Demikian juga dengan kondisi rawat inap rumah sakit yang menunjukkan penurunan dan tingkat kematian diklaim semakin melandai.

"Secara khusus perlu kami informasikan bahwa kondisi tren penurunan kasus konfirmasi harian terjadi di seluruh provinsi di Jawa dan Bali bahkan tingkat rawat inap di rumah sakit seluruh provinsi Jawa-Bali juga telah menurun terkecuali DIY. Namun diy kami perkirakan akan turun dalam beberapa hari ke depan ini," kata Luhut dalam Konferensi Pers Virtual, Senin (7/3).

Luhut menambahkan, dalam berapa hari terakhir jumlah kematian di Provinsi DKI Jakarta, Bali dan Banten telah mengalami penurunan. Diprediksi penurunan kasus kematian juga akan terjadi di provinsi lainnya dalam waktu dekat.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 14 Maret 2022, Level PPKM di Jabodetabek Turun

Seiring perbaikan situasi pandemi Covid-19, maka sejumlah kabupaten/kota yang kembali masuk ke level 2 meningkat cukup signifikan. Seperti wilayah aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke level 2 karena penurunan kasus konfirmasi harian dan juga rawat inap rumah sakit. Untuk detil informasi status PPKM leveling tiap daerah akan tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan keluar hari ini.

Luhut mengatakan, selain level asesmen yang menunjukkan perbaikan, mobilitas masyarakat juga kembali meningkat cukup tinggi. Hal ini terlihat dalam pergerakan data Google Mobility yang diambil dalam sepekan terakhir.

"Seiring dengan membaiknya kondisi pandemi dan meningkatnya mobilitas masyarakat, pemerintah terus mendorong tingkat kekebalan masyarakat dengan mengakselerasi capaian vaksinasi dosis kedua utamanya bagi lansia," imbuhnya.

Baca Juga: Pemerintah bakal Lakukan Uji Coba Bebas Karantina bagi PPLN pada Pertengahan Maret

Adapun saat ini capaian dosis vaksinasi untuk lansia sudah berada di angka 62% untuk seluruh Jawa-Bali. Angka tersebut akan terus didorong pemerintah untuk terus ditingkatkan lebih tinggi lagi.

"Pemerintah juga meminta kepada seluruh wilayah Jawa-Bali untuk terus mendorong vaksinasi booster yang masih di bawah 10% di Jawa Bali, saya juga mohon dan minta kesediaan masyarakat untuk kembali mendatangi gerai-gerai vaksin yang tersedia demi pulihnya dan membaiknya penanganan pandemi ini," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×