kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah beri bantuan di wilayah PPKM level 4 Rp 1,2 juta tiap pelaku usaha


Minggu, 25 Juli 2021 / 23:53 WIB
Pemerintah beri bantuan di wilayah PPKM level 4 Rp 1,2 juta tiap pelaku usaha
ILUSTRASI. Total anggaran PEN untuk bantuan usaha produktif dan lainnya Rp 744 triliun. r./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/07/2021.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah mengalokasikan tambahan anggaran untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi Rp 744,75 Triliun. Peningkatan alokasi anggaran ini untuk bantuan sosial kepada masyarakat berupa Program Kartu Sembako, Diskon Listrik, Subsidi Kuota Internet, Kartu Prakerja, BSU, dan Bantuan Beras Bulog.

Pemerintah juga ingin menjaga ekonomi masyarakat selama pandemi, khususnya di wilayah PPKM level 4. Salah satu wilayah yang masuk dalam zona PPKM Level 4 adalah Kota Bogor. 

Minggu (25/7), Kementerian Perhubungan membagi bantuan sosial untuk pengemudi ojek di Kota Bogor. "Apresiasi yang besar saya sampaikan kepada tim Kementerian Perhubungan yang telah menyelenggarakan acara bantuan sosial hari ini. Semoga penyerahan bantuan sosial ini dapat berdampak langsung dalam meringankan masyarakat di masa PPKM saat ini," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Baca Juga: PPKM diperpanjang, testing dan tracing 7 wilayah aglomerasi Jawa-Bali ditingkatkan

Bantuan bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) pada daerah PPKM Level 4 juga dipastikan akan terus berlanjut dan ditingkatkan, antara lain berupa penambahan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) sebesar Rp 3,6 triliun untuk 3 Juta peserta baru dimana masing-masing mendapat Rp 1,2 juta. Pemerintah juga akan memberi bantuan untuk warung dan PKL sebesar Rp 1,2 triliun untuk 1 juta penerima dimana masing-masing mendapat Rp 1,2 juta yang akan disalurkan oleh TNI/Polri. 

Pemerintah juga akan memastikan seluruh penyalurannya cepat dan tepat sasaran. Di Kota Bogor yang berstatus PPKM level 4 telah memenuhi vaksinasi dosis I mencapai 30% atau mencapai 241.000 penduduk. 

Dari capaian tersebut, yang telah menerima vaksin dosis I dan II secara lengkap yakni 16% atau sebanyak 129.000 orang. Pemerintah juga terus mengevaluasi dan memonitor dinamika di lapangan serta memastikan pelayanan kesehatan tersedia bagi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga juga mengajak masyarakat untuk mendukung program vaksinasi dengan tetap ketat menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, dalam upaya meningkatkan vaksinasi di wilayah aglomerasi, Airlangga juga meminta kepada PT Jasa Raharja untuk terlibat dalam membantu pelaksanaan vaksinasi bagi para pengemudi angkutan umum.

Baca Juga: PPKM level 4 berlanjut, bantuan sembako Rp 200 ribu diberikan hingga kuota internet

"Saya ingin memberikan apresiasi kepada para pengemudi ojek yang telah dengan luar biasa bekerja selayaknya pahlawan yang melayani masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semoga Bapak dan Ibu senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam bekerja terutama dalam kondisi seperti saat ini," tutur Airlangga dalam rilis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×