kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PAN Sebut 5 Alasan Mengapa Pemilu 2024 Perlu Dipertimbangkan untuk Diundur


Jumat, 25 Februari 2022 / 16:33 WIB
PAN Sebut 5 Alasan Mengapa Pemilu 2024 Perlu Dipertimbangkan untuk Diundur
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan setuju kalau pemilu 2024 ditunda.


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wacana penundaan pemilu 2024 yang dilontarkan sejumlah tokoh partai politik makin menggelinding. Kali ini giliran Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang ikut setuju kalau pemilu 2024 ditunda.

Kata Zulkifli, belakangan ini muncul berbagai pihak yang mengusulkan adanya pengunduran waktu pelaksanaan pemilu. Ada banyak alasan yang disampaikan. Pertama, situasi pandemi yang masih berlangsung dan memerlukan perhatian khusus.

Kedua, kondisi perekonomian yang belum stabil, sehingga pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat masih perlu melakukan pemulihan untuk kembali bangkit.

Baca Juga: Waketum Partai Golkar Sebut Partainya Serius Kaji Opsi Perpanjangan Jabatan Jokowi

Ketiga, perkembangan situasi konflik global yang perlu diantisipasi, di antaranya perang Rusia-Ukraina dan tidak menentunya harga minyak dunia.

Kemudian, kata Zulkifli, alasan keempat , anggaran pemilu yang justru membengkak dari rencana efisiensi lebih baik dikonsentrasikan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Kelima, keberlangsungan program-program pembangunan nasional yang sebelumnya tertunda akibat pandemi.

Di tengah situasi-situasi tersebut, Zulkifli menyebut, penilaian dan persepsi masyarakat tentang kinerja presiden Jokowi justru sangat tinggi. Berbagai survei menyebut angkanya di atas 73%.

"Hal ini menunjukkan pengakuan masyarakat untuk keberhasilan pemerintah dalam menghadapi pandemi dan berbagai situasi yang tidak menentu," ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis, Jumat (25/2).

Mempertimbangkan hal-hal tersebut, serta setelah mendengar masukan dan aspirasi dari berbagai kalangan, PAN setuju bahwa pemilu perlu dipertimbangkan untuk diundur.

"Dalam konteks ini, PAN akan menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan, termasuk partai politik, organisasi kemasyarakatan, dan elemen bangsa lainnya," imbuh Zulkifli.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi-Ma'ruf Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×