kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Menteri Luar Negeri bentuk desk khusus ekonomi


Senin, 19 Oktober 2015 / 15:59 WIB
Menteri Luar Negeri bentuk desk khusus ekonomi

Reporter: Agus Triyono | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri membentuk tim diplomasi ekonomi. Tim khusus yang oleh Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri diberi nama Delivery Unit ini diberi beberapa tugas.

Salah satunya, membuat database mengenai aturan perdagangan dan investasi di negara lain. Retno mengatakan, database ini dibuat dengan menghimpun aturan dagang dan investasi dari 155 negara mitra dagang Indonesia tersebut dilakukan untuk memudahkan para pengusaha Indonesia yang mau berinvestasi dan mengembangkan pasar ekspornya ke negara lain.

"Pengusaha mau main keluar harus tahu aturan mainnya, maka itu untuk memudahkan itu semua, kemudahan ini kami berikan," kata Retno di Jakarta Senin (19/10).

Selain tugas tersebut, desk tersebut juga diberi tugas untuk menjembatani hubungan investasi antara investor dalam negeri dengan pihak luar. Retno mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, desk tersebut diketuai oleh AM Fachir, Wakil Menteri Luar Negeri dan diawasi oleh I Gede Ngurah Swajaya, Pelaksana Harian Sekretariat Nasional Asean.

Retno berharap, dengan dibentuknya tim diplomasi tersebut, ke depan swasta nasional yang ingin berinvestasi dan menjalankan misi dagang keluar negeri bisa lebih mudah.

"Pembentukan desk ini dilakukan karena banyak negara yang menanyakan, dimana sektor swasta kita,  dan swasta kita lebih suka main di pasar yang sudah bersih, di Afrika, Timur tengah masih enggan," katanya.

Chris Kanter, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Investasi, Perhubungan dan Informatika sementara itu mengatakan bahwa pengusaha menyambut baik pembentukan tim diplomasi tersebut. "Apalagi yang berkaitan dengan database aturan, itu akan memudahkan," katanya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×