kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri BUMN: Proyek BUMN yang sudah jalan tak berdampak pada pelebaran CAD


Minggu, 19 Agustus 2018 / 14:40 WIB
Menteri BUMN: Proyek BUMN yang sudah jalan tak berdampak pada pelebaran CAD
ILUSTRASI. Meneg BUMN Meninjau Pembangunan Dermaga Eksekutif Merak


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyatakan proyek BUMN yang sudah berjalan tidak mempengaruhi pelebaran defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Bank Indonesia (BI) mencatat, CAD pada kuartal II-2018 sebesar US$ 8 miliar atau 3% dari PDB.

“Pada dasarnya proyek-proyek PLN dan Pertamina yang sudah berjalan, dalam arti sudah financial closing dan mereka sudah order equipment-nya, seperti PLN untuk boiler, turbin, itu memakan dua tahun untuk selesai, dan proyek PLN ini semua pembiayaannya itu dari luar dan jangka panjang sehingga itu tidak memberikan impact ke neraca pembayaran,” kata Rini di kompleks GBK, Jakarta, Kamis lalu.

“Jadi, proyek yang sudah financial close jalan terus,” lanjutnya.

Nah, untuk proyek yang belum financial closing, Rini bilang, pihaknya bakal mendetailkan mana yang kemungkinan bahan bakunya bisa dibuat di Indonesia. “Jadi, kami minta untuk di-order di Indonesia karena memang saya bersama-sama dengan Menteri Perindustrian akan mendetailkan mana yang bisa dibuat di Indonesia,” ujarnya.

“Karena untuk membuat alat-alat seperti ini memakan waktu 12 bulan-24 bulan sehingga kami punya waktu untuk mempersiapkan industri kita,” imbuh Rini.

Rini melanjutkan, ini juga berlaku bagi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pembangunannya, menurut Rini, akan jalan terus karena proyek ini dibiayai oleh China Development Bank untuk jangka waktu 40 tahun dengan grace period 10 tahun.

“Berarti tidak ada pembayaran devisa selama 10 tahun. Jadi, ini kami jalan terus. Pada saat sekarang sudah lima tunnel yang sedang dikerjakan,” kata Rini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×