kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub harap tol laut beri keseimbangan bagi Indonesia bagian Timur dan Barat


Senin, 21 September 2020 / 16:32 WIB
Menhub harap tol laut beri keseimbangan bagi Indonesia bagian Timur dan Barat
ILUSTRASI. Kapal Tol Laut Logistik Nusantara milik PT Pelni


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, program tol laut merupakan salah satu program unggulan pemerintah sejak 2015.

Menurut Budi, program tol laut ini menyediakan pengangkutan logistik ke seluruh wilayah di nusantara sehingga tercipta kelancaran distribusi barang sampai pelosok, dan pada akhirnya mengurangi disparitas harga antar wilayah, khususnya di wilayah .

Namun, Budi pun berharap program tol laut ini bisa memberikan keseimbangan antara Indonesia bagian Barat dan Timur.

"Kita harap di satu sisi kita  mengantarkan barang-barang ke timur agar harga barang di Indonesia Timur lebih murah, tapi juga memberikan kesempatan  agar ikan, rumput laut, kayu dan sebagainya bisa dibawa ke Indonesia bagian barat, sehingga kita bisa manfaatkan ikan laut yang segar tetapi ini bangun ekonomi Indonesia di daerah timur," ujar Budi dalam webinar, Senin (21/9).

Baca Juga: Menteri Perhubungan resmikan reaktivasi jalur KA Cianjur - Cipatat

Budi pun mengatakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka tol laut harus terus ditingkatkan seperti pengembangan beberapa trayek dan lain sebagainya.

Tetapi, Budi menyebut peningkatan tol laut ini akan sulit dicapai bila tidak dilakukan kolaborasi dan koordinasi dengan pemegang kepentingan lainnya.

Dengan sinergi semua pihak, diharapkan implementasi program tol laut dapat memberi hasil dan manfaat untuk kepentingan rakyat.

Lebih lanjut, Budi pun menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur pembangunan tidak hanya berfungsi untuk mendorong kepentingan ekonomi, tetapi juga untuk mempersatukan bangsa. Dia pun berharap melalui tol laut ini bisa masyarakat Indonesia di bagian Timur semakin makmur dan sejahtera.

Selanjutnya: Pelni komitmen jalankan penugasan kapal Tol Laut sesuai regulasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×