kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendikbud Nadiem mengungkapkan penggunaan dana BOS tetap fleksibel


Kamis, 25 Februari 2021 / 17:12 WIB
Mendikbud Nadiem mengungkapkan penggunaan dana BOS tetap fleksibel
ILUSTRASI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun ini masih bisa digunakan secara fleksibel.

Menurut Nadiem, penggunaan dana masih mengikuti pedoman penggunaan juknis dana BOS di masa pandemi. Sekolah bisa memanfaatkan sesuai kebutuhannya. "Beberapa penggunaan daripada dana BOS ini adalah yang terpenting apalagi di masa pandemi ini," ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Sekolah dapat menggunakan dana BOS untuk  pembayaran honor guru honorer. Nadiem mengatakan kepala sekolah boleh untuk memberikan honor kepada guru-guru yang paling layak mendapatkan.

Baca Juga: Hore, belajar tatap muka di sekolah akan dibuka Juli, setelah vaksinasi guru selesai

Jelang pembukaan sekolah, Nadiem juga meminta agar dana BOS digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan penerapan protokol kesehatan. Dana BOS bisa digunakan untuk memenuhi fasilitas sanitasi, masker, dan thermogun.

Serta berbagai macam kebutuhan untuk memenuhi daftar periksa pembelajaran tatap muka. "Tentunya di mana saat ini kita sudah masuk dalam proses pelaksanaan tatap muka dan semakin banyak sekolah semakin siap mulai melakukan tatap muka. Dana BOS bisa, dan kami anjurkan digunakan mengakselerasi proses tatap muka untuk memenuhi segala kebutuhan protokol kesehatan," ucap Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini mengatakan dana BOS juga bisa digunakan untuk biaya pelaksanaan Asesmen Nasional yang bakal dilakukan pada tahun ini. Selain itu, dana BOS juga bisa digunakan untuk wilayah yang terdepan, terpencil, dan terjauh (3T) untuk membantu pembelajaran.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Mendikbud Nadiem Pastikan Penggunaan Dana BOS Tetap Fleksibel"

Selanjutnya: Mendikbud menjelaskan alasan nilai Dana BOS 2021 antar daerah saling berbeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×