kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maverick & AJI lanjutkan program perawatan pulih jiwa untuk kesehatan mental jurnalis


Sabtu, 25 September 2021 / 14:55 WIB
Maverick & AJI lanjutkan program perawatan pulih jiwa untuk kesehatan mental jurnalis
ILUSTRASI. Jurnalis memakai masker saat meliput acara di Jakarta.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maverick Indonesia bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia kembali menginisiasi program untuk jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19. Program ini berfokus pada bantuan bagi kesehatan mental jurnalis yang harus dijaga dan dipulihkan.

Ketua AJI Indonesia Sasmito Madrim bilang beban kerja yang panjang dan perubahan pola kerja yang banyak dilakukan melalui jaringan dan kurangnya interaksi langsung merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan mental yang dialami juga oleh jurnalis.

“Karena itu, program #UntukJurnalisID dan Perawatan Pulih Jiwa penting, sebagai salah satu upaya memastikan agar jurnalis tetap dapat bekerja pada masa pandemi. Di sisi lain, publik dapat tetap mengakses berita agar dapat mengambil keputusan yang tepat bagi mereka sepanjang pandemi,” ujar Sasmito dalam siaran pers, Sabtu (25/9).

Baca Juga: Masa pandemi, tantangan gizi makin besar dan edukasi gizi kian dibutuhkan

Program yang terfokus pada kesehatan mental ini terbagi menjadi dua kegiatan yaitu sharing session bersama psikolog profesional dan sesi one-on-one counselling yang bekerja sama dengan Yayasan Pulih. Adapun, kegiatan sharing session telah dilangsungkan sebanyak tiga kali sejak Juni lalu dan kegiatan sesi one-on-one counselling telah berjalan sejak awal September.

Direktur Maverick Indonesia, Lita Soenardi pun berharap jurnalis yang mengikuti program Perawatan Pulih Jiwa baik berupa sharing session maupun sesi konseling pribadi bisa mendapatkan energi baru dalam mengatasi tekanan pekerjaan yang dihadapinya. 

“Perawatan kesehatan mental adalah isu yang perlu menjadi perhatian dan menjadi fokus kami. Kami berharap rekan jurnalis tidak merasa sendiri dalam mengatasi permasalahan di masa pandemi ini,” tutur Lita.

Baca Juga: Hewan Peliharaan Dapat Membantu Anda untuk Self-Healing

Penggalangan dana oleh Maverick Indonesia dan AJI Indonesia untuk kepedulian terhadap jurnalis mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik di antaranya adalah DBS Bank, Grab Indonesia, Xiaomi, Permata Bank, H+K Strategies, Nutrifood, dan Occam. Program ini juga bekerja sama dengan kitabisa.com, agar siapapun yang ingin berdonasi dapat berpartisipasi melalui platform tersebut

Hingga kini, program #UntukJurnalisID dan perawatan Pulih Jiwa telah membantu sebanyak 192 jurnalis di seluruh tanah air. Program ini masih akan terus berjalan sampai dana yang tersedia habis. 

Baca Juga: Jangan lakukan, 6 kebiasaan ini bisa turunkan imun tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×