kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luas Taman Nasional Tesso Nilo terus menyusut


Senin, 31 Juli 2017 / 23:03 WIB
Luas Taman Nasional Tesso Nilo terus menyusut


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Wahyu T.Rahmawati

JAKARTA. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diminta meningkatkan pengelolaan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Riau saat memasuki musim kemarau ini. Pasalnya, hutan yang berada di bawah perlindungan negara ini rawan terbakar dan menyebabkan kerugian kepada negara maupun masyarakat sekitar.

Bahkan akibat tidak tertangani dengan baik, luas awal TNTN ini 83.068 hektare (ha) kini jumlah itu terus menyusut dan tinggal 25.000 ha saja. Salah satu penyebab penyusutan luas TNTN ini adalah kebakaran hutan dan lahan serta perambahan dan pembalakan liar oleh masyarakat akibat kelalaian pemerintah mengelola taman tersebut. "Untuk itu, pemerintah khususnya KLHK perlu menambah jumlah sarana prasarana untuk mengelola Tesso Nilo dari bahaya kebakaran," ujar Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB Yanto Santosa, Senin (31/7).

Seperti diketahui, selama ini TNTN kerap dirambah orang-orang tidak bertanggung jawab selama bertahun-tahun. Pemerintah belum mengambil langkah signifikan untuk mencegahnya. "Padahal dalam konteks pengelolaan taman nasional, KLHK mempunyai program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Program itu berasal dari pemerintah pusat yang pengelolaannya diserahkan pada Kepala Balai TNTN," tambahnya.

Ia bilang, Menteri Kehutanan menunjuk Tesso Nilo Sebagai Taman Nasional melalui Surat Keputusan No. 255/Menhut-II/2004. Perubahan fungsi kawasan hutan produksi Terbatas menjadi TNTN yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu Provinsi Riau mencakup luasan 38.576 ha.

Pada tanggal 15 Oktober 2009, Menteri Kehutanan Republik Indonesia kembali menerbitkan SK Nomor: SK.663/Menhut-II/2009 tentang perubahan fungsi sebagian kawasan hutan produksi terbatas kelompok hutan Tesso Nilo seluas 44.492 ha yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Riau menjadi Taman Nasional Sebagai Perluasan TNTN. Saat itu, luas kawasan TNTN menjadi sekitar 83.068 ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×