kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LIPI ingatkan pemerintah tidak hanya lakukan kemudahan perizinan saja


Kamis, 23 Januari 2020 / 15:45 WIB
LIPI ingatkan pemerintah tidak hanya lakukan kemudahan perizinan saja
ILUSTRASI. LIPI ingatkan pemerintah tidak hanya lakukan kemudahan perizinan saja. KONTAN/Hendra Suhara


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat indeks kapasitas pemerintah daerah (Pemda) dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA). Hal ini dilakukan agar terdapat instrumen alat ukur bagi Pemda dalam mengelola SDA nya.

Peneliti LIPI Yogi Setya Permana mengatakan, indeks pengelolaan SDA ini terkait pada perizinan, pelayanan publik, akses informasi dan pengelolaan dampak. Indeks tersebut telah diuji coba di beberapa kabupaten di Indonesia. Hasilnya, sejumlah daerah dinilai masih belum memiliki manajemen pengelolaan SDA yang bagus.

Baca Juga: Peluang dan tantangan iklim investasi di Indonesia versi ekonom Indef

Yogi mengaku, instruksi dari pemerintah terkait kemudahan perizinan telah dipatuhi pemda. Hanya saja, Pemda belum mampu mengelola dampak lingkungan yang kemungkinan akan terjadi.

"Gencarnya perizinan investasi juga harus diiringi peningkatan performa dalam mitigasi dampak," kata Peneliti LIPI, Yogi Setya Permana, Kamis (23/1).

Ke depannya, LIPI mendorong agar Pemda meningkatkan kemampuannya dalam mitigasi lingkungan. Sebab hal ini juga akan berkorelasi pada terwujudnya kebijakan pembangunan berkelanjutan (Sustanaible Development Goals/SDG's), izin/rekomendasi amdal, dan pengelolaan SDA. "Perlu ada keseimbangan ekonomi dan lingkungan," kata dia.

Baca Juga: Apa yang membuat investor tak realisasikan investasinya di Indonesia?

Regina Aryanti, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Sumsel, mengatakan, dalam membuat program kerja pemda, perlu adanya koordinasi antara Bappeda dan dinas terkait dengan didukung database. Supaya sasaran program kerja bisa tercapai.

Buat indeks kapasitas Pemda dalam pengelolaan SDA, LIPI ingatkan pemerintah tidak hanya lakukan kemudahan perizinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×