kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kunjungi Boeing, Bappenas Bahas Pengembangan Industri Dirgantara Nasional


Minggu, 24 Juli 2022 / 10:02 WIB
Kunjungi Boeing, Bappenas Bahas Pengembangan Industri Dirgantara Nasional
ILUSTRASI. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan mengembangkan moda transportasi alternatif dan pengembangan industri dirgantara di Indonesia. Untuk itu, Bappenas mengunjungi Stevenson Fishing Port, Harbour Flight Centre, dan Boeing di Amerika Serikat dan Kanada. 

Dalam kunjungan ke Boeing, terdapat dua poin diskusi yang dibahas. Pertama, komitmen untuk memenuhi permintaan Indonesia dalam setiap pembelian pesawat tempur militer sesuai dengan amanat UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, maupun pembelian pesawat komersial berupa offset dan transfer teknologi.

Kedua, mendorong pengembangan Maintenance, Repair, dan Overhaul (MRO) oleh industri dirgantara nasional sebagai kemitraan dengan Boeing.

Baca Juga: Kaji Pembangunan Kereta Gantung di IKN, Bappenas Kunjungi AS dan Kanada

"Sesuai Visi 2045, kedirgantaraan dikembangkan melalui ekosistem industri kedirgantaraan Indonesia yang kondusif dan berdaya saing," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/7).

Indonesia menargetkan menjadi produsen pesawat terbang tipe turboprop kapasitas <100 kursi dengan teknologi terkini. 
Pada komponen dan rantai pasok, pemerintah menargetkan peningkatan 2 kali nilai TKDN komponen pesawat terbang.

MRO dan jasa purnajual mencapai daya serap layanan jasa MRO untuk pesawat yang beroperasi di Indonesia sebesar USD 2 miliar.

Jasa penerbangan dan kebandarudaraan menghubungkan 263 kota di Indonesia dan 135 kota di luar negeri dengan standar keselamatan dan layanan tinggi, serta mampu melayani peningkatan lalu lintas pesawat, penumpang, dan kargo 3-4 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×