kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Korlantas Polri siapkan rekayasa lalu lintas untuk amankan Natal dan Tahun Baru 2021


Jumat, 27 November 2020 / 16:54 WIB
Korlantas Polri siapkan rekayasa lalu lintas untuk amankan Natal dan Tahun Baru 2021
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol layang Jakarta - Cikampek (Japek). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow maupun one way, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021. Menurut Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan, salah satu titik yang menjadi prioritas adalah Tol Layang Jakarta-Cikampek. 

“Kami akan prioritaskan kendaraan dari tol elevated, nantinya di bawah bisa dilakukan contra flow dan pengurangan 1 lajur untuk memberi kendaraan yang turun dari elevated, karena lebih krusial jika terjadi hambatan di sana,” kata Rudi saat Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020, Jumat (27/11/2020), melalui keterangan tertulis. 

Titik lain yang menjadi fokus yakni tol Jakarta-Cikampek KM 41 dan pertemuan Tol Elevated di KM 47, serta di pertemuan Tol Kalihurip Utama dan Tol Cikampek Utama pada KM 66. Selain itu, Rudi menuturkan, rekayasa buka tutup juga rencananya diterapkan pada rest area. “Rest area juga kami imbau untuk menampung kapasitas 50 persen, di sana juga akan dilakukan buka tutup bila kapasitas sudah terpenuhi,” ujarnya. 

Baca Juga: Korlantas Polri menggelar rakor kesiapan operasi lilin tahun 2020

Adapun pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 tersebut dilakukan dalam operasi yang disebut Operasi Lilin 2020. Operasi itu akan digelar selama 15 hari sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen (Pol) Kushariyanto menuturkan, pelaksanaan Operasi Lilin pada tahun ini mengedepankan kegiatan simpatik dan kemanusiaan. 

Ia juga berpesan agar anggota yang bertugas di lapangan selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Kita sampai saat ini masih dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat, jadi mohon di lapangan arahkan betul anggota untuk mempedomani prokes di masa pandemi ini,” kata Kushariyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengamanan Natal dan Tahun baru 2021, Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas "

Selanjutnya: Pemerintah masih mengkaji keputusan terkait libur panjang akhir tahun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×