kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korlantas Polri menggelar rakor kesiapan operasi lilin tahun 2020


Jumat, 27 November 2020 / 15:33 WIB
Korlantas Polri menggelar rakor kesiapan operasi lilin tahun 2020
ILUSTRASI. PASUKAN OPERASI LILIN. KONTAN/Fransiskus Simbolon/22/12/2016


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korlantas Polri menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020 untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru di Aula Madelu Gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (27/11/2020). Operasi Lilin Tahun 2020 diketahui akan digelar selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Dalam rapat tersebut turut hadir Karodalops Asops Kapolri Brigjen Pol Endi Sutendi, Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, Perwakilan dari Dirhubdat, Bina Marga, stakeholder terkait, dan seluruh Dirlantas se-Indonesia serta para pejabat utama Korlantas Polri. Rapat koordinasi dipimpin Dirgakum Korlantas Polri, Brigjen Pol Kushariyanto mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono yang sedang bertugas ke luar kota.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Pol Kushariyanto mengingatkan kepada seluruh jajaran agar seluruh personel yang bertugas di lapangan senantiasa mengutamakan protokol kesehatan Covid-19. "Kita sampai saat ini masih dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat, jadi mohon di lapangan arahkan betul anggota untuk mempedomani prokes di masa pandemi ini," kata Brigjen Pol Kushariyanto.

Ia pun menyampaikan kembali arahan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bahwa pelaksanaan Operasi Lilin tahun ini adalah Operasi Kemanusiaan. Sehingga, penting untuk mengedepankan kegiatan simpatik dan kemanusiaan dalam pelaksanaannya. "Seperti pembagian masker, sembako dan lainnya, Ini lebih banyak membawa dampak positif di masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan menjabarkan tugas pokok Korlantas Polri dalam pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2020.

Tugas pokok tersebut antara lain mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar lantas) pada jalur tol, jalur arteri, dan tempat wisata, serta tempat ibadah Natal maupun pada lokasi perayaan malam pergantian Tahun Baru 2021.

"Selain itu juga demi memperlancar distribusi logistik dan BBM serta menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Kombes Pol Rudi Antariksawan.

Baca Juga: Pemerintah masih mengkaji keputusan terkait libur panjang akhir tahun

Ia menambahkan pada gelaran Operasi Lilin Tahun 2020 jumlah personil gabungan yang akan diturunkan sekitar 191 ribu dari berbagai instansi terkait.

Kabag Ops mengungkapkan ada beberapa titik yang menjadi fokus pengamanan Kamseltibcar Lantas di antaranya Tol KM 41 dan pertemuan Tol Elevated yakni KM 47, serta di pertemuan Tol Kalihurip Utama dan Tol Cikampek Utama pada KM 66.

Nantinya petugas sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, mulai Contra flow sampai one way jika memang diperlukan.

"Kami akan prioritaskan kendaraan dari tol elevated, nantinya dibawah bisa dilakukan Contra flow dan pengurangan 1 lajur untuk memberi kendaraan yang turun dari Elevated, karena lebih krusial jika terjadi hambatan disana. Selain itu, rest area juga kami imbau untuk menampung kapasitas 50 persen, disana juga akan dilakukan buka tutup bila kapasitas sudah terpenuhi," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Korlantas Polri Gelar Rakor Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020"

Selanjutnya: Kasus corona bertambah 4.000 per hari, Indonesia belum aman dari pandemi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×