kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,04   1,90   0.20%
  • EMAS1.042.000 1,26%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Korban Tewas Gempa Cianjur Bertambah Menjadi 271 Orang


Rabu, 23 November 2022 / 18:16 WIB
Korban Tewas Gempa Cianjur Bertambah Menjadi 271 Orang
ILUSTRASI. Ekspresi warga saat mencari korban tertimbun longsor akibat gempa magnitudo 5,6 di Cijendil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,


Sumber: Kompas TV | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto kembali memperbaruhi data terbaru korban gempa Cianjur per Rabu (23/11/2022) sore.

Suharyanto menyebut hingga sore ini, tercatat korban tewas akibat gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat bertambah, menjadi 271 orang.

"Jadi 271 ini sudah terkonfirmasi lewat Puskesmas dan RS di Kabupaten Cianjur," kata Suharyanto dalam konferensi pers yang dipantau dari kanal YouTube BNPB, Rabu (23/11).

"271 orang yang meninggal ini sudah ada by name dan by adress-nya."

Baca Juga: BNPB: Penanganan Gempa Cianjur Fokuskan Pencarian Korban

Meski demikian, Kepala BNPB ini tidak menutup kemungkinan adanya tambahan korban jiwa, karena ada jenazah yang dimakamkan tapi tidak melapor ke puskesmas maupun rumah sakit setempat.

"Nanti akan kami telusuri apakah yang dimakamkan oleh keluarga ini ada tambahan atau tidak. Kami belum bisa memastikan yang dimakamkan oleh keluarga ini sudah masuk ke 271 belum," jelasnya.

"Karena bisa saja miss-nya begitu jenazahnya sudah ada langsung dimakamkan tanpa dilaporkan ke puskesmas atau rumah sakit."

Tak hanya korban meninggal, Suharyanto juga menyebut adanya penambahan korban luka-luka akibat gempa yang mengguncang Cianjur Senin (21/11) kemarin.

"Korban luka, ini bertambah menjadi 2.043 orang," ujarnya.

Adapun jumlah pengungsi yang tercatat hingga sore ini total 61.908 orang, meningkat dari laporan sebelumnya di angka 58.362 jiwa.

Beranjak ke kerugian material, Suharyanto menyampaikan rincian data sementara rumah rusak.

Dia menyebut terdapat 6.570 unit rumah yang rusak berat, 2.071 unit rumah rusak sedang, dan 12.641 unit rusak ringan.

Baca Juga: Klaim Asuransi Jiwa Terkait Gempa Cianjur, AAJI: Kami akan Prioritaskan dan Permudah

"Tentu saja ini akan terus diverifikasi," kata dia.

Setidaknya hingga sore ini ada 15 kecamatan terdampak gempa, antara lain Kecamatan Cianjur, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Warung Kondang, Kecamatan Gekbrong, Kecamatan Cugenang.

Kecamatan Cilaku, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Sukaresmi, Kecamatan Bojong Picung, Kecamatan Cikalong Kulon, Kecamatan Sukaluyu, dan Kecamatan Pacet, Kecamatan Mande, Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Haurwangi.

Artikel ini telah tayang di KompasTV dengan judul Update Gempa Cianjur: Korban Tewas Bertambah Jadi 271 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×