kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub minta maskapai sosialisasikan penerbangan codeshare ke pengguna jasa


Jumat, 14 Juni 2019 / 14:30 WIB
Kemhub minta maskapai sosialisasikan penerbangan codeshare ke pengguna jasa


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengimbau agar maskapai melakukan sosialisasi terkait penerbangan codeshare ke pengguna jasa.

"Penerbangan codeshare harus diinformasikan kepada penumpang dari mulai proses pemesanan tiket hingga pelaksanaan penerbangan, yaitu diumumkan dalam penerbangan,” jelas Polana seperti yang tertera dalam keterangan tertulis yang dikutip Kontan.co.id, Jumat (14/6).

Codeshare merupakan perjanjian kerjasama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. Untuk penerbangan codeshare, masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama, namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut.

Penerbangan codeshare pun memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai. Penerbangan codeshare dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik.

Namun, pelaksana penerbangan codeshare domestik harus merupakan perusahaan penerbangan nasional. Sementara maskapai asing hanya bertindak sebagai pihak pemasar. Sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi. Pelaksanaan penerbangan codeshare-pun biasa dilakukan oleh airlines dalam satu aliansi atau group.

Penerbangan codeshare ini merupakan satu cara untuk memaksimalkan layanan penerbangan, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat atas pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dan domestik.

Tak hanya mengimbau maskapai untuk mensosialisasikan penerbangan codeshare ini, Polana juga meminta seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya khususnya dalam tiga aspek utama yakni keselamatan, keamanan dan pelayanan.

“Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama. Semuanya harus bekerjasama dalam menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×