kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenperin Terus Memacu Pengembangan KIT Batang


Jumat, 14 Oktober 2022 / 09:58 WIB
Kemenperin Terus Memacu Pengembangan KIT Batang
ILUSTRASI. Kemenperin turut berperan dalam mengakselerasi pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut berperan dalam mengakselerasi pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang karena telah menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Upaya ini juga sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2022 tentang Percepatan Investasi melalui Pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang Provinsi Jawa Tengah.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, KIT Batang yang diprakarsai oleh pemerintah akan menjadi lokasi untuk menangkap sejumlah relokasi industri dari luar negeri.

"Oleh karena itu, pembangunan KIT Batang ini perlu dikawal bersama-sama untuk mendukung pengembangan sektor industri di tanah air,” kata dia ketika berkunjung ke KIT Batang yang dikutip dari siaran pers di situs Kemenperin, Jumat (14/10).

Baca Juga: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Infrastruktur di KIT Batang

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menperin mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan KIT Batang.

Selain berdiskusi dengan jajaran Direksi PT Kawasan Industri Terpadu Batang, Menko Airlangga dan Menperin Agus sempat memantau secara langsung perkembangan pembangunan infrastruktur di KIT Batang yang telah disiapkan oleh pemerintah mulai dari jalan dalam kawasan, waduk, sistem drainase, konstruksi pabrik tenant, serta rencana lokasi jetty dan dry port.

Menko Airlangga memberikan apresiasi kepada seluruh instansi khususnya PT Kawasan Industri Terpadu Batang yang telah mendukung secara penuh percepatan pembangunan KIT Batang.

“Pembangunan KIT Batang akan memberikan dampak yang signifikan pada perekonomian Indonesia, melalui investasi dan ekspor produk yang dihasilkan oleh industri di Kawasan KIT Batang,” ungkapnya.

Sementara itu, Agus menyampaikan beberapa tugasnya sesuai Perpres 106/2022, antara lain mengoordinasikan perolehan perizinan berusaha sektor industri di KIT Batang, mengusulkan KIT Batang sebagai objek vital nasional, menetapkan rencana induk (masterplan) KIT Batang, serta berkoordinasi dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan instansi lain terkait dengan kebutuhan regulasi dan infrastruktur industri di KIT Batang.

“Di samping itu, mengenai kebutuhan terhadap gas industri dengan harga tertentu, Kemenperin tengah merumuskan satu regulasi yang nantinya kami koordinasikan dengan pihak terkait,” tukasnya.

Melalui sejumlah langkah strategis yang akan dijalankan tersebut, KIT Batang bisa membawa dampak luas bagi perekonomian daerah dan nasional, serta meningkatkan partisipasi Indonesia dalam global value chain dari ekspor produk manufaktur unggulan dengan nilai tambah yang tinggi.

Menperin juga menekankan, pihaknya siap mendukung pengembangan KIT Batang dengan dilengkapi fasilitas pendidikan khususnya yang berbasis vokasi, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Politeknik. Upaya ini dapat menopang ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten sesuai kebutuhan industri saat ini.

Direktur Utama PT Kawasan Industri Terpadu Batang Ngurah Wirawan juga mengapresiasi kontribusi besar dari pemerintah untuk menciptakan kawasan industri yang sangat kompetitif sehingga banyak investor yang berminat investasi di KIT Batang. Saat ini, dalam pembangunan fase I seluas 450 hektare sudah selesai 100% dan telah habis terjual kepada investor.

“Kami sudah punya infrastruktur jalan sepanjang 50 km, kemudian drainase, serta pipa air bersih di tepiannya. Kami juga sudah punya pengolahan limbah, dan danau resevoir dengan kapasitas cadangan air mencapai 1 juta kubik,” terang Ngurah.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia Beberkan Perkembangan Investasi Foxconn di KIT Batang

Lebih lanjut, Ngurah menyebut bahwa perlu segera untuk memulai pematangan lahan dan pembangunan infrastruktur pendukung untuk fase II yang juga telah dinantikan oleh 220 calon investor potensial yang telah menyampaikan minatnya pada lahan di fase II.

“Ada 11 tenant yang sudah melakukan tanda tangan persetujuan (agreement sign) dan ada 17 perusahaan potensial yang telah mengirimkan penawaran investasi dengan total luas lahan mencapai 991 hektar,” jelasnya.

Kemenperin mencatat, pada fase I total investasi yang masuk ke KIT Batang sekitar US$ 321 juta dengan target penyerapan tenaga kerja di sana sebanyak 6.000 orang. Investor tersebut berasal dari berbagai negara dan sektor industrinya meliputi manufaktur kaca, keramik, pipa, alat kesehatan, hingga baterai untuk electric vehicle (EV).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×