kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkeu patok Rp 49,9 triliun anggaran TKDD dipakai untuk penanganan Covid-19


Kamis, 08 Juli 2021 / 17:41 WIB
Kemenkeu patok Rp 49,9 triliun anggaran TKDD dipakai untuk penanganan Covid-19
ILUSTRASI. Dirjen Perimbangan Keuangan?Astera Primanto Bhakti


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini tengah mendesain ulang dana sebesar Rp 49,9 triliun dalam pelaksanaan anggaran Transfer ke Daerah dan Dan Desa (TKDD) tahun anggaran 2021. Tujuannya, guna memenuhi pembiayaan penanganan pandemi Covid-19.

Anggaran yang  akan diputar dengan skema realokasi dan direfocusing tersebut setara dengan 6,27% dari pagu TKDD dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar Rp 795,5 triliun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Astera Primanto Bhakti menjelaskan dari total dana realokasi dan refocusing TKDD tersebut terdiri atas empat sumber.

Pertama, dana alokasi khusus (DAU)/dana bagi hasil (DBH) diharapkan terkumpul sebesar Rp 35,1 triliun, atau setara dengan 8% dari alokasi DAU/DBH tahun ini. Kedua, Dana Insentif Daerah (DID) sejumlah Rp 5,8 triliun, atau sama dengan 30% dari total pagu tahun ini. 

Baca Juga: Pemerintah teken MoU terkait integrasi sistem perencanaan pembangunan

Ketiga,  dana desa sebesar Rp 5,7 triliun, yakni sama dengan 8% dari total pagu dana desa sepanjang 2021. Keempat, bantuan operasional kesehatan (BOK) sebesar Rp 3,3 triliun, sekitar 8% dari pagu.

Prima mengatakan upaya realokasi dan refocusing anggaran TKDD tersebut telah memerhatikan fiskal daerah. Adapun jumlah disebut ditetapkan berdasarkan perkembangan kinerja di tahun ini.

Misalnya, DAU/DBH yang secara nilai anggarannya direalokasi paling banyak. Kata Prima, langkah tersebut dilakukan lantaran penyerapannya rendah. Data APBN menunjukkan hingga akhir Mei 2021, realisasi keduanya baru terserap masing-masing 43,5% dan 36,19% dari pagu.

“Dalam TKDD yang disalurkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) terdapat anggaran yang harus digunakan untuk penanganan Covid-19, maka dilakukan realokasi dan refocusing,” kata Prima kepada Kontan.co.id, Kamis (8/7).

Adapun Prima menyampaikan hingga saat ini, total realisasi TKDD yang telah direalokasi dan direfocusing untuk penanganan pandemi mencapai Rp 11,38 triliun atau sekitar 22,8% dari target.

Selanjutnya: Penyerapan Angggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Masih Mini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×