kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kemenkes Targetkan 889.813 Anak Dapat Fasilitas Vaksin HPV Gratis


Kamis, 21 April 2022 / 17:17 WIB
Kemenkes Targetkan 889.813 Anak Dapat Fasilitas Vaksin HPV Gratis
ILUSTRASI. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memasukkan vaksin kanker serviks atau vaksin HPV (human papilloma virus) sebagai vaksin wajib program imunisasi nasional.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, vaksin kanker serviks atau vaksin HPV akan diberikan kepada anak kelas 5 dan 6 sekolah dasar (SD) pada kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) da ditargetkan akan menyasar 889.813 anak.

“Vaksin untuk kanker serviks (HPV) diberikan kepada anak kelas 5 dan 6 SD pada kegiatan Bulan Imunisasi Anak sekolah (BIAS) pada bulan Agustus setiap tahun dan ditargetkan 889.813 anak dapat tervaksinasi,” kata Nadia pada Kontan.co.id, Kamis (21/4)

Seperti diketahui, hampir 95% penyakit kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV (human papilloma virus). Adapun penyakit kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV.

Baca Juga: Hore, Vaksinasi Kanker Serviks Dibiayai oleh Negara Mulai Tahun Ini

Nadia menjelaskan program vaksinasi HPV ini sudah berjalan sejak tahun 2016 dan diberikan secara bertahap di beberapa kota. Dan kabar baiknya pada tahun 2023 mendatang akan dilakukan secara nasional.

Menurutnya vaksin untuk kanker serviks ini dilakukan dua kali atau penyuntikan dua dosis . Dosis pertama pada anak SD kelas 5 dan yang kedua pada saat kelas 6 menggunakan produk vaksinasi oleh Bio Farma.

“Sejak tahun 2016 kami mencatat sudah ada 555.423 anak yang telah tervaksinasi dosis 1, dan 256.116 dosis dua. Dan akan terus kami masifkan pada Agustus mendatang,” ungkap Nadia.

Imunisasi HPV menjadi pencegahan primer kanker serviks dengan tingkat keberhasilan dapat mencapai 100% jika diberikan sebanyak dua kali pada kelompok umur wanita naif atau wanita yang belum pernah terinfeksi HPV.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Vaksin HPV, Kenali Dulu Penyebab Utama Kanker Serviks

Vaksin ini akan semakin efektif jika diberikan pada populasi anak perempuan umur 9 tahun-13 tahun atau usia sekolah dasar.

“Vaksinasi ini digratiskan, sehingga anak perempuan dan para orang tua hendaknya jangan ragu agar anaknya segera divaksin. Jangan percaya pada hoaks dan sekolah dapat berkolaborasi untuk menyukseskan ini,” pungkas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×